Nasehat Imam Ghazali Part 4

oleh
Nasehat Imam Ghazali Part 4SantriNow | Duhai anak manis !
Selama kamu tidak beramal maka kamu tidak akan mendapatkan pahala. Diceritakan ada seorang     laki-laki dari Bani    Israil. Ia tekun beribadah kepada   Allah  selama   70 tahun. Allah kemudian   menampakkan pahalanya kepada para Malaikat.
Kemudian Allah mengutus Malaikat untuk mendatangi laki-laki tersebut dan mengatakan padanya  bahwa ia beserta ketekunannya ibadah selama 70 tahun, tidak pantas   masuk   surga.   Ketika  mendengar    hal  itu, orang  yang   ahli ibadah  –  tadi  berkata.
Saya  diciptakan   oleh  Allah untuk  beribadah bukan    untuk    masuk    surga. Sudah sepantasnyalah bagiku untuk
menyembahnya.
Ketika   Malaikat   itu  kembali   ia berkata : Wahai     Tuhanku      ! Engkau lebih mengetahui     apa   yang   telah   terucap, kemudian Allah   berkata :
Ketika Ahli ibadah itu tidak berpaling dari menyembahku,   maka  aku  dengan sifat kemuarahanku, tidak berpaling darinya. Saksikanlah wahai para Malaikatku, sesungguhnya aku telah mengampuni segala dosanya.

Rasulullah bersabdah :

Hisablah   ! -teliti    dan  hitunglah-    diri  kalian  sebelum dihisab  di hari (kiamat).  Timbanglah   amal-amal   kalian sebelum  ditimbang   (di hari kiamat).

Sayidina Ali Ra berkata :
Barang siapa menyangka bahwa sesuatu  tanpa ijtihad (usaha dan sungguh), berhasil, maka  ia orang  yang berangan-angan. Dan barang siapa  yang   menyangka sesuatu dengan melakukan ijtihad ini   bisa berhasil maka ia orang yang  kaya.
Wali Alloh Hasan Bashri berkata :
Mencari surga tanpa disertai amal adalah dosa dari beberapa dosa. Dan    beliau   berkata :   Tanda-tanda haqiqat yaitu meninggalkan menganggap amal  (yang telah dilakukan), bukan  meninggalkan amal.
Rosululloh Saw. bersabda:
Orang yang pandai yaitu orang yang melakukan agama, dan beramal untuk kehidupan setelah mati. Sedang orang yang bodoh dan dungu yaitu orang yang menuruti hawa nafsunya dan berangan-angan pada Allah  dengan  bermacam-macam   angan-angan.
 Semoga manfaat. Amin ! []

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.