Meriahkan Hari Santri 2018, PKB Memilih Jalan Sehat, Lomba Baca Kitab dan Stand Up Comedy

oleh

JAKARTA, SantriNow | Meriahkan Hari Santri Nasional 22 Oktober 2018, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) memilih meluncurkan acara Jalan Sehat, Lomba Baca Kitab Kuning dan Stand Up Komedi sebagai ajang Satukan Negeri.

Jazuli Fawaid sebagai Wakil Sekretaris Jendral PKB menyebutkan, tema yang diusung adalah “Satukan Negeri”. “Kita dari DPP PKB sudah membentuk panitia peringatan Hari Santri Nasional dengan tema Satukan Negeri,” ujarnya di Kantor DPP PKB, Jakarta Pusat, Rabu (26/8/2018).

Pertama kegiatan yang akan dilakukan di hari Minggu, 30 September mendatang, adalah agenda jalan sehat ala santri memakai sarung.

“Kita akan membuat jalan sehat pada tanggal 30 September dan pada Oktober kita akan membuat jalan sehat serentak sarungan di seluruh Indonesia,” kata dia. Kedua, mereka akan mengadakan acara bersih-bersih terhadap 1.000 pasar dan 1.000 masjid di seluruh Indonesia.

Baca juga: Daftar Lomba Hari Santri Nasional 2018

Kegiatan berikutnya adalah mengadakan lomba membaca Kitab Kuning, yang akan diselenggarakan dari Oktober hingga November 2018. Lomba ini bertujuan untuk mewariskan tradisi membaca kitab seperti yang biasa dilakukan di pesantren.

“Tujuannya selain mewariskan tradisi di pesantren, kita tetap menjaga kader-kader yang mampu menguasai kitab-kitab klasik, kitab-kitab kuning, atau turosh sebagai khazamah dari pesantren,” ucap Jazilul.

Mereka juga berencana melakukan audisi dai santri melalui media massa. Bahkan, Jazilul menyebutkan, mereka ingin audisi tersebut dibuat menjadi sebuah acara televisi. Terakhir adalah kegiatan stand up comedy. Ia percaya potensi melucu dan selera humor para santri.

“Tidak kalah penting karena santri itu juga banyak lucunya, maka kita akan bikin stand up ala santri,” ungkap dia.

Penulis: Andi

Sumber: Kompas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.