Menyingkap Shalat Gerhana Mata Hati

oleh -

SantriNow | Pada hari Rabu 9 Maret 2016, 12 provinsi di Indonesia akan berada di jalur lintasan gerhana matahari total. Sebaiknya, Anda yang tinggal di daerah tersebut tidak melewatkan kesempatan untuk mengabadikan (baca: memotret) fenomena alam nan langka ini. Baca [Hati-hati memotret gerhana matahari]

Alangkah terkesannya kita, jika momentum itu bisa diabadikan lewat kamera. Hal yang sangat ditunggu, karena sudah lama tidak ada fenomena semacam itu. Tunggu saja di tanggal 9 Maret 2016, jangan sampai terlewatkan.

Namun jangan hanya mengabadikan gambar dari peristiwa itu saja, karena masih ada hal yang perlu kita lakukan sebagai umat Islam yaitu disunnahkan untuk shalat gerhana Matahari. Dan saya kira semuanya sudah pada paham, apa itu shalat gerhana Matahari.

Beda lagi kalau shalat yang dimakud sebagai mana judul tulisan ini “Menyingkap Shalat Gerhana Mata Hati”.

Menyingkap shalat gerhana mata hati ini dimaksudkan “siapa tekun shalat sunnah, maka hatinya akan tenang, akan tentram. Artianya tidak akan terjadi gerhana mata hati. Jika ada seseorang yang hatinya tidak tenang, gelisah atau terasa suram alias gerhana.

Maka perlu shalat gerhana mata hati yaitu shalat sunnah, terutama shalat sunnah Tahajjud. Karena shalat sunnah Tahajjud itu dikenal alat komonikasi khusus yang ampuh dan sudah terbukti khasiat dahsyatnya.

Karena pada dasarnya, kita dianjurkan untuk melaksanakan shalat sunnah bukan semata-mata kepentingan atau kebutuhan Allah. Melainkan kebutuhan mata hati, serta jiwa kita sendiri. Sementara shalat wajib yang kita lakukan lima (5) kali dua puluh empat (24) jam itu hanya kewajiban kita yang sudah seharusnya kita patuhi dan kerjakan.

Disebabkan karena kebutuhan maka seharusnya kita tekun shalat sunnah itu sepanjang nafas masih dikandung badan. Namun anehnya kebutuhan itu sering kali kita sesuaikan dengan mud atau kondisi jiwa kita. Sehingga ketika jiwa atau hati tidak mod maka tidak shalat sunnah.

Padahal ketidak mod-an itu lah yang seharusnya ditantang sehingga mampu melaksanakan shalat. Karena salah satu makna dari shalat, ya di situ.

Semoga tulisan ini manfaat []