9+ Keutamaan Nikah di Hari Jumat

oleh

9+ Keutamaan Nikah di Hari JumatSantriNow | Sebenarnya nikah hari apa pun itu tidak terlalu penting. Karena dalam literatur Islam tidak ada satu pun ayat atau hadist yang menganjurkan nikah hari jumat. Karena yang terpenting dalam pernikahan adalah setelah nikah yakni membangun keluarga yang harmonis.

Sebab dalam membangun keluarga sakinah tidak segampang membalik telapak tangan. Kendati pun demikian tetap saja ada kelebihannya bila Anda akad nikah di hari jumat.

Di sini kami membagikan 9+ keutamaan menikah di hari jumat, di antaranya:

1. Hari yang Dianjurkan

Keterangan lain disampaikan an-Nafrawi al-Maliki,

ويستحب كون الخطبة والعقد يوم الجمعة بعد صلاة العصر لقربه من الليل

“Dianjurkan khitbah (lamaran) dan akad nikah dilakukan hari jumat setelah asar, karena mendekati waktu malam.” (al-Fawakih ad-Dawani, 2/11).

Pernyataan di atas menegaskan bahwa hari jum’at menjadi keutamaan bagi umat islam untuk mengadakan lamaran atau juga akad nikah. Anjuran ini menjadi dasar bahwa hari Jum’at merupakan hari terbaik melaksanakan dan menunaikan salah satu sunnah rasul ini.

2. Hari Terbaik

Hari jum’at merupakan hari baik. Maka pas sekali jika hari itu dilangsungkan akad nikah (ijab qabul). Pernikahan disini ialah acara ijab dan qabul, sedangkam untuk resepsi dapat dilakukan kapan saja. Dari Abu Hurairah Radhiyallahu ‘anhu, Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

خَيْرُ يَوْمٍ طَلَعَتْ فِيهِ الشَّمْسُ يَوْمُ الْجُمُعَةِ فِيهِ خُلِقَ آدَمُ وَفِيهِ أُدْخِلَ الْجَنَّةَ وَفِيهِ أُهْبِطَ مِنْهَا وَفِيهِ سَاعَةٌ لاَ يُوَافِقُهَا عَبْدٌ مُسْلِمٌ يُصَلِّى فَيَسْأَلُ اللَّهَ فِيهَا شَيْئًا إِلاَّ أَعْطَاهُ إِيَّاهُ

“Hari terbaik saat matahari terbit adalah hari Jumat. Di hari ini, Adam diciptakan; di hari ini, beliau dimasukkan ke dalam surga, di hari ini pula, beliau dikeluarkan dari surga. Di hari Jumat terdapat satu waktu, apabila ada seorang hamba yang shalat, memohon kepada Allah di waktu itu, maka Allah akan memberikannya.” (HR. Ahmad 10823, Turmudzi 493 dan dishahihkan Syuaib al-Arnauth).

3. Berharap Keberkahan

Karena hari jumat merupakan paling baiknya hari, maka dengan akad nikah hari itu dihrapkan dapat banyak berkah. Harapannya supaya mempelai pria dan wanita serta dari masing-masing keluarga besar dapat limpahan berkah hari jumat. Apalagi nikah hari jumat merupakan anjuran ulama sebagaimana disinggung di bagian nomor satu.

Baca juga: Apakah Jodoh Setiap Orang Telah Ditetapkan oleh Allah?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.