9+ Keutamaan Nikah di Hari Jumat

oleh

4. Hari Mustajab

Hari Mustajab maksudnya hari jumat adalah hari dimana doa mudah terkabul. Sebab itulah maka tidak ada salahnya bila anda melangsungkan akad di hari itu, supaya apa yang diharapkan mudah terkabul.

Sudah banyak penjelasan tentang keistimewaan hari jumat dibanding hari-hari lainnya. Namun sekali lagi, ini hanyalah anjuran ulama.

5. Hari Silaturahmi

Hari Jum’at dalam agama islam dipercaya sebagai hari silaturahmi. Tentu saja hal ini sangat sesuai dengan tujuan pernikahan yakni menjalin silaturahmi yang lebih luas terutama antar kedua keluarga mempelai.

Dalam islam sendiri silaturahmi menjadi nilai yang amat penting untuk ditanamkan. Bahkan juga kita diwajibkan untuk mempererat silaturahmi antar sesama salah satunya adalah dengan cara mengadakam akad nikah pada hari jum’at.

6. Ikut Nabi Adam & Hawa

Nabi Adam AS dan siti Hawa melakukan akad nikah atau menikah tepat pada hari Jum’at. Kisah cinta keduanya begitu abadi bahkan saat keduanya dikirim secara terpisah ke muka bumi. Tentu saja hal ini lah yang kemudian menjadi salah satu bentuk keutamaan menikah di hari jum’at.

7. Ikut Nabi Yusuf & Zulaikha

Begitu pula dengan Nabi Yusuf yang terkenal tampan nan rupawan itu. Ia menikahi Siti Zulaikha di hari Jum’at. Maka tentu tidak salah jika kemudian hari Jum’at memiliki banyak keutamaan terutama jika bersamaan dengan melangsungkan akad nikah.

8. Ikut Nabi Muhammad & Siti Khadijah

Nabi Muhammad SAW menikah dengan Siti Sholehah juga pada hari Jum’at. Tentunya sebagai panutan seluruh umat muslim di dunia, maka kita juga dapat mengikuti apa yang dilakukam oleh Rasulullah. Salah satunya adalah dengan menikah pada hari Jum’at.

9. Ikut Ali Bin Abi Thalib & Fatimah Azzahra

Fatimah Azzahra merupakan salah satu putri Rasulullah yang dinikahi oleh sahabat Rasul yakni Ali Bin abi Thalib. Keduanya juga melangsungkan akad nikah pada hari Jum’at. Hal ini sebagaimana yang telah banyak dilakukan oleh para pendahulu. Sekaligus merupakan salah satu cara dalam meniru perilaku Rasulullah SAW.

10. Ikut Nabi Muhammad SAW & Siti Aisyah

Nabi Muhammah SAW juha menikahi seorang wanita yang bernama Aisyah. Lagi-lagi beliau melakukan akad nikah pada hari Jum’at. Tenru saja hal ini semakin menegaskan bahwa memang hari jum’at memiliki keistimewaan jika bertepatan dengan melangsungkan pernikahan.

Itulah tadi, 9+ keutamaan nikah hari Jumat. Semoga apa yang kami tulis dapat jadi pertimbangan bagi pembaca manakala ingin menikah atau hendak menikahkan anak dan serta kerabatnya.

Baca juga: Pengertian Jodoh atau Jodoh itu apa sih?

Sumber utama tulisan dari web dalamislam []

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.