9+ Amalan Pagi Hari & Fadhilahnya, Ala Santri Zaman Now

oleh

9+ Amalan Pagi Hari & Fadhilahnya, Ala Santri Zaman Now SantriNow | Pagi hari merupakan awal waktu yang sangat tepat untuk beramal dan wirid. Amalan pagi yang kami tulis ini bersumber dari beberapa literatur islam yang sudah terkenal. Santri mulai sejak awal hingga sekarang dikenal dengan generasi yang suka dengan amalan dan wiridan. Berikut 9+ amalan yang biasa dibaca santri di waktu pagi:

(1) Kirim Fatihah

Kirim fatihah kepada:

a. Nabi Muhammad, keluarga dan para sahabatnya.

b. Fatihah kepada kedua orang tua kita.

c. Fatihah kepada para wali Allah, seperti wali songo, Kyai Kholil Bangkalan, Para Pendiri NU khususnya Kyai Hasyim Asy’ari dan seterusnya. Jangan lupa juga fatihah kepada Sulthanul Auliya (Syeikh Abdul Qadir Jailani)

d. Fatihah kepada guru-guru.

e. Fatihah kepada segenap para tetangga, dan sanak saudara.

Fadilahnya: Fatihah ini sebagai pembuka jalan bagi terkabulnya doa kita. Logikanya disini, doa kita sampai karena perantara orang-orang shaleh ini.

(2) Amalan ayat Kursi

اللَّهُ لاَ إِلَهَ إِلاَّ هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّومُ، لاَ تَأْخُذُهُ سِنَةٌ وَلاَ نَوْمٌ، لَهُ مَا فِي السَّمَاوَاتِ وَمَا فِي الْأَرْضِ، مَنْ ذَا الَّذِي يَشْفَعُ عِنْدَهُ إِلاَّ بِإِذْنِهِ، يَعْلَمُ مَا بَيْنَ أَيْدِيهِمْ وَمَا خَلْفَهُمْ، وَلَا يُحِيطُونَ بِشَيْءٍ مِنْ عِلْمِهِ إِلاَّ بِمَا شَاءَ، وَسِعَ كُرْسِيُّهُ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ، وَلَا يَئُودُهُ حِفْظُهُمَا، وَهُوَ الْعَلِيُّ الْعَظِيمُ

“Allah, tidak ada ilah (yang berhak disembah) melainkan Dia, yang hidup kekal lagi terus menerus mengurus (makhluk-Nya). Dia tidak mengantuk dan tidak tidur. Kepunyaan-Nya apa yang di langit dan di bumi. Tiada yang dapat memberi syafa’at di sisi-Nya tanpa seizin-Nya. Dia mengetahui apa-apa yang di hadapan mereka dan di belakang mereka. Mereka tidak mengetahui apa-apa dari ilmu Allah melainkan apa yang dikehendaki-Nya. Kursi Allah meliputi langit dan bumi. Dia tidak merasa berat memelihara keduanya. Dan Dia Maha Tinggi lagi Maha besar.” (QS. Al Baqarah: 255) (Dibaca 1 x)

Fadilahnya: Siapa yang membacanya ketika petang, maka ia akan dilindungi (oleh Allah dari berbagai gangguan) hingga pagi. Siapa yang membacanya ketika pagi, maka ia akan dilindungi hingga petang.

Baca: Doa dan Tatacara Shalat Dhuha yang Dahsyat Fadhilahnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.