Santri Memilih Tinggal di Balai Setelah Pesantren Terbakar

oleh

Santri Memilih Tinggal di Balai Setelah Pesantren TerbakarSantriNow | Pondok Pesantren Dayah Madinatuddiniyah Babul Huda, Lhoksemawe, pada (22/6) asramanya mengalami kebakaran akibatnya sampai hari ini para santri mengungsi di balai pengajian.

Santri memilih tidur dan beristirahat di balai pengajian yang tidak jauh dari Pesantren Babul Huda tersebut. Kebakaran itu terjadi pada hari Jumat (22/6) sere menjelang magrib. Akibatnya sebanyak tujuh ruangan santri putra ludes disambar api.

Sebelum mereka tinggal di balai, sempat bikin tenda darurat. Namun karena tenda sudah dibongkar maka para santri kini pindah ke balai tempat mereka mengaji. Rata-rata santri yang mondok di Dayah itu berasal dari Sumut (Sumatera Utara), Aceh Singkil, Banda Aceh, Lhokseumawe, Aceh Utara, dan daerah sekitar lainnya.

Dan sampai hari ini pembangunan kembali bilik yang sudah terbakar menurut keterangan pengasuh belum dilakukan walaupun bantuan material mulai berdatangan dari masyarakat.

“Sejauh ini bantuan yang sudah ada hanya berupa semen, pasir, dan bata. Bantuan berasal dari masyarakat. Sedangkan untuk besi belum ada,” tuturnya.

Harapan Tgk Mahdi Aiyub selaku ketua pesantren ada perhatian dari semua pihak supaya bilik yang sudah hancur bisa dibangun kembali dan santri bisa kembali lagi tinggal di bilik tersebut.

Sementara, Kabag Humas Pemko Lhokseumawe Muslim Yusuf kepada Serambi pada 25 Juni lalu, Wali Kota Lhokseumawe sudah silaturrahmi ke pesantren Dayah tersebut. Dan telah diserahkan beberapa bantuan berupa barang dan makanan untuk tanggap darurat.

“Dalam kunjungan tersebut, Bapak Wali Kota juga menyatakan akan membantu pembangunan kembali bilik yang terbakar tersebut,”tutur Muslim Yusuf mengahiri.

Baca juga: Peran Pesantren dalam Mencegah Penyebaran Ekstremisme Islam

Pondok Pesantren Dayah Madinatuddiniyah Darul Huda letaknya berda di Gampong Paloh Gadeng Kecamatan Dewantara Kabupaten Aceh Utara kira-kira ± 2 Km. Dari jalan Medan – Banda Aceh. Pesantren ini sudah didirikan pada tahun 1987 []

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.