Quran yang Jenius

oleh

Author : AsMu

SantriNow | Quran sejak awal diturunkan sampai sekarang tidak pernah berubah dan tidak akan pernah tergantikan kejeniusannya. Dibilang jenius karena sudah banyak bukti nyata, dimana Quran sanggup menyesuaikan dirinya denga keadaan zaman hingga sekarang.

Itu kalau dilihat dari sudut pandang relevan tidaknya dengan zaman kekinian. Belum dari sudut pandang yang lain. Semisal, ilmu sain dan kecanggihan teknologi sudah pada membuktikan atas kejeniusan Quran. Begitu juga dalam bidang ilmu biologi dan kedokteran. Itu sudah ada dalam Quran.

Bahkan Quran mampu mengungkapkan sesuatu yang belum terjadi dan itu sudah pasti terjadi suatu saat nanti. Seperti kabar akan terjadinya hari kiamat. Memang sekarang belum terjadi, tapi suatu saat nanti bumi pasti hacur dan langit pasti runtuh, dan itulah kiamat akhir.

Kalau dirunut lebih dalam lagi, banyak sekali rahasia dalam Quran yang terus digali oleh para ilmuwan masa kini. Maka kemudian Quran tergantung kepada siapa yang memegang atau memakainya. Jika yang mengamalkan orang alim maka Quran akan sesuai dengan mereka.

Begitu juga, jika yang mengamalkan orang bodoh, maka pemahamannya juga sesuai dengan mereka, dan seterusnya. Intinya Quran sesuai dengan siapa saja. Dan itulah yang kemudian melahirkan beribu-ribu tafsir yang sekarang sudah menyebar dan dikaji dimana-mana.

Jadi tidak salah jika tafsir banyak macamnya. Karena selain lingkungan, guru, namun tak kalah pentingnya ilmu yang dimiliki mufassir (sebutan untuk ahli tafsir) juga mempengaruhi kepada tafsir karangannya. Itulah kehebatan Quran, yang cocok dengan siapa saja, dimanapun berada.

Itulah kekayaan Islam yang sebenarnya. Maka wajar jika Rasulullah, SAW suatu saat pernah berpesan, jika umatnya sudah mengikuti Quran dan HadisNya, maka tidak akan tersesat jalan hidupnya. Jaminan Rasulullah tidak akan pernah meleset dan itu sudah terbukti sampai sekarang.

Bahkan orang yang bukan Islam pun akan mendapatkan petunjuk jalan kebenaran jika mau mengamalkan Quran. Makanya banyak akhir-akhir ini mereka non Islam mulai menyadari dan ingin memeluk Islam, seiring beredarnya Quran dimana-mana dan terjemahannya juga sudah ribuan bahasa.

Ambil contoh di Eropa, sekarang sudah jutaan orang yang memeluk Islam baik secara terang-terangan maupun sembunyi. Terutama, negara Jerman, Rusia, Inggris, serta Prancis.

Satu-satunya kitab sekaligus mukjizat, itu Quran. Orang yang membacanya walaupun tidak paham isinya dapat pahala, sekalipun bacaannya kurang tepat.

Quran memang jenius, serta quran sudah terjamin keasliannya, karena tidak akan pernah berubah tek dan isinya. Kalau semisal ada yang berani merubahnya itu tidak akan lama, akan kenak batunya. Karena yang menjaga Quran langsung Allah sendiri.

Maka dari itu, marilah kita sebagai umat Islam harus terus belajar dan senantiasa baca Quran setiap saat. Karena mamfaatnya sangat besar. Kalau tidak mampu membaca, mumpung sekarang belajarlah, yakin Insya Allah bisa. Wallahu A’lam []

Silahkan nilai tulisan ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.