Pilpres 2019, Santri Memilih Dukung Jokowi Apa Istimewanya?

oleh -
Pilpres 2019, Santri Memilih Dukung Jokowi Apa Istimewanya?

Pilpres 2019, Santri Memilih Dukung Jokowi Apa Istimewanya?Mengapa Santri Memilih Dukung Jokowi Dua Periode?

1. Alasan mereka yang sangat mendasar, Jokowi dinilai sukses membangun infrakstruktur di Indonesia secara merata.

2. Jokowi dinilai mampu menjalin silaturrahim dengan para ulama dan kiai di pesantren kampung.

3. Jokowi sebagai pemberi haidiah bagi santri dengan adanya peringatan Hari Santri Nasional pada 22 Oktober.

Baca juga: Strategi #2019GantiPresident VS SAMAWI Pro Jokowi 2 Periode

Apa Istimewanya Jokowi di Mata Kiai dan Santri?

1. Kiai Ma’ruf Amin yang tak lain merupakan Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan Rais Aam PBNU pernah menyatakan bahwa Indonesia beruntung memiliki pemimpin Pak Jokowi.  Sebab, kata dia, Jokowi mau bersilaturahmi dan mendengarkan keinginan para kiai, ulama, dan santri.

“Saya bersyukur Presiden merespons aspirasi dan tuntutan umat. Oleh karena itu, MUI melakukan Kongres Umat Islam, menampung aspirasi, arus baru ekonomi Indonesia adalah pembangunan ekonomi dari bawah. Alhamdulillah Presiden merespons,” kata Ma’ruf Amin di Ponpes An Nawawi, di Tanara, Kabupaten Serang, Banten, Rabu (14/03/2018).

2. Kiai Said Aqiel Siraj pernah juga menyampaikan bahwa Jokowi orang nekat. Pak Jokowi itu orangnya nasionalis, mukmin muslim sejati, enggak pandang bulu, sederhana dan nekat,” kata Said.

Hal itu beliau ungkapkan dalam bedah buku “Komunikasi Politik Jokowi” yang ditulis kader Golkar, Andi Budi Sulistijanto. Acara berlangsung di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Jumat (9/3).

Pilpres 2019, Santri Memilih Dukung Jokowi Apa Istimewanya?Saat Santri Kedatangan Jokowi 

Pada saat Jokowi datang ke Pesantren al-Amin Jember Jawa Timur, sang presiden disambut dengan gemuruh. Seperti biasa, Jokowi juga membuka tanya jawab dengan santri. Waktu itu mata Jokowi tertuju ke bagian paling belakang, tempat santri puteri berkumpul.

Baca juga: 1 dari 5 Cawapres Pilihan Jokowi, Siapa Dia?

Seorang santri puteri yang ditunjuk Jokowi itu maju. Dengan langkah ragu, perlahan dia tiba di hadapan Jokowi sambil telapak tangan kanannya menutup separuh bagian mukanya. Santri tersebut menangis sesenggukan.

Singkatnya santri putri yang nangis tersebut akhirnya menjawab pertanyaan Jokowi dengan lancar sehingga dapat hadiah sepeda gunung. Maka tidak salah kalau banyak santri yang jadi Jokower. []