Peserta Muskerwil NU Jatim Memilih Kyai Marzuki Mustamar

oleh

Peserta Muskerwil NU Jatim Memilih Kyai Marzuki MustamarSantriNow | Acara Muskerwil NU Jatim tahun 2018 yang digelar di Pesantren Lirboyo memilih Kyai Marzuki Mustamar asal Malang sebagai ketua Tanfidzyah.

Pengasuh Ponpes Sabilurrasyad, Gasek, Kota Malang tersebut, mendapat aklamasi 30 dari total 45 suara di seluruh Cabang NU Jawa Timur.

Sementara, calon lainnya adalah Gus Kikin Abdul Hakim memperoleh 11 suara dan di bawahnya Abdul Nasir Badrus hanya dapat 3 suara.

Baca juga: Silahkan Buku AMALIAH NAHDLIYAH Khas Warga NU

Sehingga selesai penghitungan suara, Kyai Marzuki Mustamar langsung diminta bersedia menjadi Ketua Tanfidziyah PWNU Jatim periode 2018-2023. Dan membacakan kontrak jamiyah.

Dalam kontrak jamiyah tersebut salah satu pointnya adalah soal kesiapannya untuk tidak menjadi tim sukses dalam soal politik dan partai politik. “Saya siap tidak akan jadi timsukses dalam hal politik,” kata KH Marzuki Mustamar

Sementara itu, sebelumnya anggota Ahlul halli wal aqdi (AHWA) memutuskan Kyai Anwar Manshur kembali terpilih menjadi Rais Syuriah.

Sebelum terpilih sebagai Rais Syuriah dalam konferwil kali ini, Anwar Mansur menempati posisi Wakil Rais Syuriah NU Jatim periode sebelumnya. Di tengah perjalanan, dia menempati posisi Rais Syuriah, menggantikan Kyai Miftachul Akhyar yang ditunjuk sebagai Wakil Rais Aam PBNU kepengurusan hasil Muktamar NU Jombang 2015.

Adapun Ketua Tanfidziyah terpilih, Marzuki Mustamar, adalah mantan Ketua NU Malang. Dia dikenal alim. Marzuki juga dikenal sebagai penulis buku tentang keislaman. Dia juga rajin berdiskusi sehingga akrab dengan kalangan anak muda NU.

Di kantor NU Jatim di Surabaya, setiap Sabtu malam Marzuki mengisi Kajian Islam Ahlussunnah wal Jamaah atau Kiswah.

KH Anwar Manshur dan KH Marzuqi Mustamar, terpilih menjadi Rais Syuriah dan Ketua PWNU Jatim dalam Konferensi Wilayah (Konferwil) NU Jatim, yang digelar di Pesantren Lirboyo, Kediri, Jawa Timur, Minggu 29 Juli 2018. []