Islam Nusantara Menurut Santri Mbeling

oleh

Islam Nusantara Menurut Santri MbelingSantriNow | Jutaan orang berbincang Islam Nusantara sejak awal muncul sebagai topik Muktamar Jombang sampai dengan hari ini bahkan menyebar ke Eropa dan Timur Tengah. Ini menunjukkan betapa Islam Nusantara memiliki magis kuat sebagai corak muslim Indonesia.

Tak ketinggalan santri juga mulai meramaikan obrolan Islam Nusantara, dari yang semi serius sampai dengan sebatas candaan sembari menghilangkan rasa gelisah karena kiriman tak kunjung datang.

Salah satu santri nyeletuk bertanya “menurut kalian apa sih Islam Nusantara itu? salah seorang anggota obrolan menyambut, “walah, Islam Nusanatara itu ya Islam yang ada di Indonesia yang pada awalnya disebarkan oleh Wali Songo” yang lain juga mulai tambah serius menanggapi.

Santri yang dikenal alim pun mulai menyahut; “Islam Nusantara itu Islam yang menghargai tradisi nusantara selama tidak bertentangan dengan syariat Islam gitu”. Tak lama kemudia ada santri yang menjawab dengan nada konyol. Konon santri itu memang dikenal mbeling alias konyol.

Santri mbeling berdiri kemudian bersuara tanpa ketawa sedikitpun;

Ciri-ciri Islam Nusantara adalah:

1. Sholatnya boleh di langgar

2. Orang jenggotan tidak boleh dikubur

3. Orang yang masih merokok tidak boleh jadi imam sholat

4. Sholat jamaah diimami sorban putih tidak sah

5. Haram mendoakan orang mati

Semua yang kumpul pada ketawa ha ha ha ternyata kau pintar juga ya. Teman satunya mulai pusing karena belum paham maksud Santri Mbeling. Katanya, “maksudnya apa ya, kok saya gak paham?

Baca juga: Penjelasan Habib Luthfi Tentang Islam Nusantara

Itulah cara santri mbeling memahami Islam Nusantara. Cerita ini hanya fiksi namun tetap mengandung arti dan manfaat bagi pembaca, isnya Allah. []

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.