Indonesia Hijau Telah Berlalu

oleh

SantriNow | Alamku yang indah di sumber daya alamnya… Tanah air yang syahdu hiasi hariku. Suara burung kecil warnai di pagi indah. Namun apakah sekarang tak semerdu dulu… Indonesia ku tanah airku… kau yang dulu hijau kini telah berlalu… Indonesia ku tanah airku hijau lah engakau dikala dulu…

Mungkin sebagian orang pernah mendengar atau mengenal dan hafal lagu itu. Atau bahkan tak ada yang mengenalnya. Oh… kasihan sekali… sedikit perkenalan saja, lagu ini adalah sebuah karya dari siswa SMKN 12 Surabaya. Mereka bisa menciptakan lagu ini karena terinspirasi dengan keadaan Indonesia sekarang dan tempo dulu yang telah berlalu.

Menurut penulis, lagu ini merupakan sebuah sindiran bagi rakyat Indonesia yang telah melakukan perusakan terhadap SDA (sumber daya alam) di Indonesia. Jadi Indonesia yang hijau kini telah menjadi sebuah ucapan “Tempo Dulu”.

Kalau dulunya terkenal hijau, sekarang terkenal apanya ?. Sebenarnya apa sih yang terjadi pada Indonesia, kok sampai kata “Indonesia Hijau” itu telah berlalu ?

Apa karena sudah takdir Allah ? atau karena rakyat yang tidak bisa melestarikan nikmat yang telah Allah berikan ? Allah telah memberikan nikmat yang amat luar biasa kepada kita, rakyat Indonesia khususnya. Hutan hijau yang telah tersebar luas, gunung dan bukit yang membentang, lauatan yang melimpah akan kekayaan di dalamnya. Tapi kenapa kita masih kurang bersyukur pada Allah ?. Sangat beda dengan tempo dulu.

Memang, mengenai pendidikan anak Indonesia dulu sangatlah terbatas ketimbang anak Indonesia sekarang. Tapi mereka luar biasa, mampu melestarikan alamnya. Sekarang anak Indonsia malah membuat kerusakan, mulai dari lapindo sampai pengeboman ikan di laut.

Walaupun anak sekarang ini pendidikannya lebih maju ketimbang dulu, namun anak sekarang masih kurang percaya diri dengan pendidikan dan kekayaan yang ia miliki. Malah mengikuti style budaya asing yang tidak jelas itu. Beda dengan dulu, mereka sangat kreatif, mulai dari ludruk, wayang, topeng, gamelan, dan banyak lagi yang lainnya.

Ayolah kawan bangkit ! bangkit dari penjajahan yang tak kasat mata ini ! ayo bersatu, buatlah Indonesia lebih baik !. Jangan biarkan biarkan pengorbanan sampai titik darah penghabisan para pahlawan menjadi sia-sia. Yakinlah Indonesia jaya !

Silahkan nilai tulisan ini