Berhenti Melukai Hati Orang Lain dengan Pamer Kekayaan!

oleh

Berhenti Melukai Hati Orang Lain dengan Pamer Kekayaan!SantriNow | Tahukah anda, kekejian manusia semacam Qarun tidak berhenti hanya dengan melupakan Sang Pemberi Nikmat dan menganggap semua yang ia miliki adalah murni dari hasil kepintarannya.

Orang-orang semacam ini memiliki rencana lain yang lebih keji dari itu. Qarun memiliki ambisi untuk melukai hati orang lain dan menambah rasa sakit itu lebih dalam di hati mereka.

Allah swt berfirman,

فَخَرَجَ عَلَىٰ قَوْمِهِ فِي زِينَتِهِ

“Maka keluarlah dia (Karun) kepada kaumnya dengan kemegahannya.” (QS.Al-Qashash:7)

Qarun tampil dengan seluruh kemegahan yang ia miliki hingga membuat orang-orang yang gila dunia menjadi merinding dan kebingungan.

قَالَ الَّذِينَ يُرِيدُونَ الْحَيَاةَ الدُّنْيَا يَا لَيْتَ لَنَا مِثْلَ مَا أُوتِيَ قَارُونُ إِنَّهُ لَذُو حَظٍّ عَظِيمٍ

“Orang-orang yang menginginkan kehidupan dunia berkata, “Mudah-mudahan kita mempunyai harta kekayaan seperti apa yang telah diberikan kepada Karun, sesungguhnya dia benar-benar mempunyai keberuntungan yang besar.” (QS.Al-Qashash:79)

Qarun memiliki rencana besar dibalik aksinya kali ini. Ia ingin memperbudak hati yang lemah agar melupakan Sang Pencipta dan tunduk dihadapan kemegahannya.

Baca: Sholat dan Rezeki

Ia tampil dengan semua kekayaan, harta dan emas yang ia miliki untuk menyihir mata yang silau oleh kilauan harta dan yang akalnya terpenjara oleh kecintaan pada dunia.

Maka dua pelajaran penting yang bisa kita ambil dari kisah ini adalah :

1. Jangan pernah takjub dengan kekayaan seseorang sehingga membuat hati kita lalai dari Sang Pemberi kenikmatan.

2. Berhati-hatilah ketika anda pamer kekayaan. Sungguh disana banyak hati yang tersakiti dan merasa iri dengan apa yang anda miliki.

Sadar atau tidak sifat pamer-mu itu bisa mengarahkan seseorang untuk menutup mata dari kebaikan Allah swt dan menghalalkan segala cara untuk meraih yang ia inginkan. []