Bahtsul Masail Alim Ulama NU Jatim Haramkan Nonton Acara ‘Karma ANTV’

oleh -
Bahtsul Masail Alim Ulama NU Jatim Haramkan Nonton Acara ‘Karma ANTV’

SantriNow | Hasil Bahtsul Masail Para Kyai NU Jatim sepakat bahwa nonton acara KARMA di salah satu tv swasta itu hukumnya haram.

Adapun para Kyai yang jadi pembicara dalam acara rutinan itu di antaranya:

Mushahih: KH. Yasin Asmuni, KH. Mahrus Maryani, KH. MB Firjoun Barlaman, dan KH. Murtadho Ghoni

Perumus: KH. Asyhar Shofyan, KH. Makmun Djazuli Mahfudz, K. Fauzi Hamzah, KH. Ali Maghfur Syadzili, dan KH. Syihabuddin Sholeh

Moderator: K. M. Ali Romzi

Notulen: Ust. M. Khotibul Umam

Deskripsi Masalah:

Karma adalah acara televisi realitas adikodrati (supranatural) yang ditayangkan oleh salah satu stasiun TV swasta sejak 24 Desember 2017. Acara yang berdurasi 120 menit ini dipandu pembawa acara dan pembaca angka kelahiran (penarawang). Dalam setiap episode terdapat 31 orang peserta sesuai dengan tanggal lahirnya yang semuanya adalah orang-orang yang bermasalah.

Pembaca angka (terawang) merupakan seorang indigo yang mempunyai kemampuan menerawang masa lalu dan masa depan seseorang melalui data tanggal lahir, gambar, tulisan dan pengakuan dari peserta, bahkan pembaca angka (terawang) juga dengan tanpa beban mengungkap penyebab masalah yang dihadapi peserta semisal disantet atau diguna-guna oleh salah satu teman atau keluarga.

Namun demikian pada akhirnya pembaca angka (terawang) juga memberi masukan kepada peserta agar selalu melakukan kebaikan-kebaikan sebagai solusi menuju kehidupan yang lebih baik.

Baca juga: Berikut Hukum Percampuran Pria dan Wanita dalam Satu Angkutan Umum