Apakah Jodoh Setiap Orang Telah Ditetapkan oleh Allah?

oleh

Apakah Jodoh Setiap Orang Telah Ditetapkan oleh Allah?SantriNow | Tanya: Assalamu’alaikum. Ustadz, mau tanya apakah benar jodoh sudah ditetapkan oleh Allah? Kalau ia, bagaimana sikap kita seandainya berjodoh dengan orang yang tidak baik? (Nisa’ Amatullah – Malang)

Jawab: Wa’alaikumus-salaam warahmatullaah wabarakaatuh

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, jodoh diartikan sebagai: orang yang cocok menjadi suami atau istri; pasangan hidup; dan imbangan (kamusbesar.com, kata kunci: jodoh).

Jika melihat fakta di masyarakat, kata jodoh untuk manusia cenderung menunjukkan suami atau istri, bukan pasangan yang belum menikah meski keduanya memiliki kecocokan. Misalnya si B diperistri oleh si A, berarti si B adalah jodoh si A, sedangkan si C tidak jadi diperistri oleh si A, berarti si C bukan jodoh si A.

Terlepas apakah pernikahan akan berlangsung langgeng atau retak di tengah jalan dengan perceraian, karena istilah jodoh dan bukan jodoh tidak lazim digunakan untuk pasangan yang bercerai setelah pernikahan. Terlepas juga apakah perceraian terjadi dalam waktu yang singkat atau tidak.

Apabila kita hubungkan dengan pertanyaan di atas, maka arti yang tepat yang dimaksud oleh saudari penanya adalah pasangan hidup yang sah alias suami atau istri. Sehingga pertanyaannya menjadi: apakah suami atau istri kita nantinya sudah ditetapkan oleh Allah swt?