Penghafal Quran Asal Indonesia Sering Jadi Imam di Beberapa Masjid Makkah

oleh

Penghafal Quran Asal Indonesia Sering Jadi Imam di Beberapa Masjid MakkahSantriNow | Penghafal Quran bernama Asal bin Yanto Albanjari sempat viral di media sosial lantaran sering jadi imam di beberapa masjid di Makkah. Sebab itulah kemudian Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin menemui pria Indonesia itu. Pertemuan itu berlangsung di Kantor Daerah Kerja Persiapan Haji di Makkah pada Minggu, 10 Juni 2018.

Penghafal Quran berusia 21 tahun ini viral di media sosial karena kiprahnya sebagai imam salat di sejumlah masjid di Makkah. ‘Asal adalah pria berdarah Banjar, Kalimantan Selatan. Dalam pertemuan itu Menteri Lukman mengklarifikasi informasi bahwa ‘Asal juga menjadi salah satu Imam di Masjidil Haram.

Kabar tersebut tidak benar dan langsung diluruskan ‘Asal. “Cerita kalau saya menjadi imam di Masjidil Haram itu tidak benar. Tapi kalau menjadi imam salat di beberapa masjid di Makkah itu benar,” ujar ‘Asal kepada Menteri Lukman seperti dikutip dari kemenag.go.id. “Alhamdulillah sudah terbiasa menjadi imam di beberapa masjid di Makkah”.

Menteri Lukman lantas meminta ‘Asal membacakan sejumlah ayat Al Quran. ‘Asal pun melafalkan Sirat Ibrahim ayat 35 – 37 dengan suara fasih dan indah didengar. Menteri Lukman berharap ‘Asal terus belajar dan sebagai imam salat di banyak masjid di Makkah. Kiprah ini dinilai bisa mengharumkan nama Indonesia.

Identitas ‘Asal hingga sekarang masih berpaspor Indonesia. ‘Asal lahir di Makkah pada 1997 dan mulai menghafal Al Quran sejak 2006. Ia mengkhatamkan hafalannya dalam qiraat Ashim riwayat Hafs pada 2012. Pada acara haflah tahunan santri tahfidz (penghafal Al Quran) ‘Asal mendapat tugas membaca beberapa ayat tentang kewajiban puasa (video ini juga viral di media sosial).

‘Asal saat ini sedang berusaha mengkhatamkan hafalan Al Quran dalam dua riwayat lagi, selain qiraat Ashim riwayat Hafs. Dia berguru pada salah satu imam Masjidil Haram, yaitu Syekh Abdurrahman Syirazi.

Baca juga: Peran Pesantren dalam Mencegah Penyebaran Ekstremisme Islam

Yanto, ayah ‘Asal Al Banjar, adalah orang Kalimantan Selatan yang sudah puluhan tahun bermukim di Arab Saudi. Yanto memberi perhatian anaknya untuk belajar Al Quran. Tahun ini ia ikut bergabung dalam Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi dari unsur tenaga musiman. Dia bertugas di bagian layanan transportasi jemaah haji Indonesia di wilayah Syib Amir, Makkah. []

Sumber: tempoco

Ini dia cuplikan vidoe lantunan quran Ust. Asal:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.