Memahami Pluralisme Sejati

oleh -

SantriNow | Keragaman agama, suku, budaya, ras, dll, bersatu menjadi satu tampa memandang perbedaan demi terciptanya perdamaian, kesejahteraan, keadilan bersama, itulah pluralisme sejati.

Paham Pluralisme merupakan sebuah paham yang dipercaya dapat mempersatukan umat tampa membeda-bedakan warna satu dengan yang lainnya.

Arti Pluralisme; Pluralisme (pluralism), terdiri dari dua kata plural (beragam) dan isme (paham) yang berarti beragam pemahaman, atau bermacam-macam paham.

Dalam ilmu sosial pluralisme adalah sebuah kerangka dimana ada interaksi beberapa kelompok-kelompok yang menunjukkan rasa saling menghormat dan toleransi satu sama lain. Mereka hidup bersama (koeksistensi) serta membuahkan hasil tanpa konflik asimilasi.

Dalam sebuah masyarakat otoriter atau oligarkis, ada konsentrasi kekuasaan politik dan keputusan dibuat oleh hanya sedikit anggota. Sebaliknya, dalam masyarakat pluralistis, kekuasaan dan penentuan keputusan (dan kemilikan kekuasaan) lebih tersebar.

Sehingga masyarakat yang pluralistik dianggap mampu mewujudkan mimpi sebauh negara bangsa mencapai kemakmuran bersama dll. Kata pluralistik berasal dari “plural” yang mempunyai arti banyak, sehinggapluralistik memberi makna yang bersifat,atau kualitas yang menggambarkan keanekaragaman suatu pengakuan bahwa alam semesta dalam keanekaragaman.

Maka jika melihat tulisan di atas Pluralisme adalah harga mati yang tidak bisa diganggu gugat dalam keberadaannya. Karena hal itu bagian dari sunnatullah. Dan sudah semestinya sesuatu yang sifatnya beragam tidak perlu dipertentangkan, melainkan harus diakui dan dihormati[]

Silahkan nilai tulisan ini