Kiai Kholil Bangkalan dan Nasabnya kepada Wali Songo

oleh

Kiai Kholil Bangkalan dan Nasabnya kepada Wali SongoSantriNow | Kiai Kholil adalah titisan beberapa wali yang tergabung dalam Walisongo, Yaitu Sunan Ampel, Sunan Giri, Sunan Gunung Jati dan Sunan Kudus, yang mana mereka bermarga “Azmatkhan” dan bersambung pada Sayid Alawi Ammil Faqih bin Muhammad Shahib Mirbath.

Beliau juga bernasab pada keluarga Basyaiban yang bersambung pada Al-Imam Muhammad Al-Faqih Al-Muqaddam bin Ali bin Muhammad Shahib Mirbath Al-Alawi Al-Husaini.

KH. Muhammad Kholil bin KH. Abdul Lathif bin Kiai Hamim bin Kiai Abdul Karim bin Kiai Muharram bin Kiai Asror Karomah bin Kiai Abdullah bin Sayyid Sulaiman. Sayid Sulaiman adalah cucu Syarif Hidayatullah atau Sunan Gunung Jati Cirebon.

Syarif Hidayatullah itu putera Sultan Umdatuddin Umdatullah Abdullah yang memerintah di Cam (Campa). Ayahnya adalah Sayid Ali Nurul Alam bin Sayid Jamaludin Al-Kubra.

Ini adalah silsilah nasab M Kiai bah Kholil. Terlebih dahulu saya menulis silsilah jalur laki-laki yang bersambung pada Sunan Kudus, untuk menunjukkan hak dalam menggunakan nama belakang (marga / fam) “Azmatkhan Al-Alawi Al-Husaini”, sesuai dengan adat dan istilah pernasaban bangsa Arab.

Baca juga: 5 Ulama Paling Berjasa dalam Dunia Islam, Menurut Kiai Said Aqil Siraj