di , ,

Wajar Bila Warga Santri Lebih Memilih Khofifah Ketimbang Gus Ipul

Seperti diketahui, saat menuntaskan studi doktor di Ritsumeikan Asia Pacific, Emil merupakan salah satu perintis NU cabang istimewa di Jepang dan Khofifah saat ini masih menjabat sebagai Ketua Muslimat NU. Kepemimpinan Khofifah ini menjadi sumber dukungan untuk pasangan nomor satu ini.

“Saya kira seperti itu, apalagi bu Khofifah menjabat sebagai ketua Muslimat. Sedangkan Gus Ipul sudah tidak menjabat lagi Ketua GP Ansor. Secara kelembagaan menjadi rasional ketika perempuannya untuk memilih Khofifah-Emil ketimbang Gus Ipul-Puti,” kata dia.

Selain itu, bukan hanya NU, pasangan Khofifah-Emil juga didukung organisasi Islam lainnya. Terbukti 50,5 persen mendukung Khofifah-Emil ketimbang Ipul-Puti hanya didukung 41,7 persen.

Dari hasil survei ini Hasan menyebutkan mampu membentuk opini kepada masyarakat terkait pilihan sosok calon pemimpin Jawa Timur. Mengingat 61,6 persen masyarakat sudah mantap menentukan pilihan calon gubernur-wakil gubernur.

Sebagian santri Jatim menilai terhadap kecendrungan santri memilih Khofifah sesuai hasil survei adalah wajar. Karena santri sudah paha siapa itu sosok Khofifah dan Emil.

“Angka 61 relatif sudah tinggi untuk menentukan pilihan,” pungkasnya. []

BAGAIMANA MENURUT KAMU?