Wajar Bila Warga Santri Lebih Memilih Khofifah Ketimbang Gus Ipul

oleh
Wajar Bila Warga Santri Lebih Memilih Khofifah Ketimbang Gus Ipul
Gambar: merdeka

SantriNow | Berdasar hasil survei bahwa warga santri Jatim untuk pemilihan Gubernur dan Wakilnya lebih cenderung ke bu Khofifah dan Mas Emil Dardak. Bukan tanpa alasan warga Jatim lebih memilih calon nomer urut dua itu.

Sebagaimana hasil survei Populis Center melansir hasil survei terbarunya mengungkap bahwa dukungan para santri dalam hal ini warga nahdliyyin lebih cendrung ke mantan Mentri Sosial itu. Dikutip dari merdekacom

Survei berbicara dengan datanya bahwa 45,5 persen warga NU pilih pasangan Cagub-Cawagub Jatim, Khofifah Indar Parawansa-Emil Elestianto Dardak ketimbang Ipul-Puti yang hanya dipilih 39,0 persen.

Survei Pilgub Jawa Timur dilakukan pada tanggal 22 April-28 April 2018 di 80 desa/kelurahan di wilayah Jawa Timur. Metode pengambilan data survei ini dilakukan melalui wawancara tatap muka kepada 800 responden yang dipilih menggunakan metode acak bertingkat (multistage random sampling) dengan margin of error 3,39 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen.

Data Populi Center menyebutkan mayoritas organisasi masyarakat Islam memilih pasangan Khofifah-Emil dengan nilai 44,2 persen ketimbang Ipul-Puti dengan 38,7 persen. Sementara 17,1 persen tidak menjawab pilihan.

Sebagian pengamat politik berargumen bahwa kecendrungan warga NU Jatim yang notabennya adalah masyarakat santri khususnya muslimatnya menyumbang suara potensial.

“Dari beberapa edisi pilgub, dukungan bu Khofifah menguat itu dari muslimat. Emil memiliki pengaruh juga tapi konteks NU ini besar dari Muslimat,” kata Hasan, dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (5/5).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.