Tanggapan Kiai Jatim Terhadap Ledakan Bom di Surabaya dan Sekitarnya

oleh -

Tanggapan Kiai Jatim Terhadap Ledakan Bom di Surabaya dan SekitarnyaSantriNow | Setelah terdengar bahwa ada ledakan bom di 3 gereja di Surabaya pada hari Ahad (13/5), berselang beberapa detik kemudian langsung muncul pemberitaannya di media online dan televisi. Beragam tanggapan dari beberapa tokoh pun mulai bermunculan. Rata-rata dari mereka mengecam pelaku ledakan bom bunuh diri itu.

Tanggapan dari tokoh agama umat Islam pun mulai muncul. Pertama keluar dari lisan Ketua Pengurus Wilayah NU Jawa Timur yakni KH Hasan Mutawakkil Alallah. Menurutnya pengeboman kepada empat gereja secara bersamaan itu merupakan agenda yang suda dipersiapkan sebelumnya.

“Pengeboman terhadap empat gereja secara bersamaan ini jelas telah tersimpan,” kata KH Hasan Mutawakkil Alallah. Pada saat yang sama para kiai, umara, kepolisian dan Kodam V Brawijaya dan masyarakat menggelar istighotsah kubro agar Indonesia damai.

“Ini membuktikan bahwa mereka tidak paham Islam seutuhnya, aku yakin mereka juga tahu apakah orang Jawa Timur sedang melakukan takarrub kepada Allah,” kata Ketua Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur ini usai acara istighotsah di Mapolda Jatim. Baca: Rakyat Surabaya Cucu Pejuang