Refleksi Kandungan Kitab Taklimul Mutaallim Dengan Kehidupan Masa Kini

oleh

 

Refleksi Kandungan Kitab Taklimul Mutaallim Dengan Kehidupan Masa Kini


 
SantriNow | Dalam kitab “Taklimul Mutaallim” di situ terdapat ungkapan bahwa, bagi pelajar, wajib  belajar tentang ilmu yang dibutuhkan sekarang atau ilmu yang siap pakai. Ini mengisyaratkan bahwa kitab kuning itu mendorong kita sebagai pelajar, untuk belajar sesuatu yang memang benar-benar kita butuhkan dalam waktu sekarang.

Lebih lanjut lagi, kitab klasik itu menjelaskan bahwa yang dimaksud dengan “belajar tentang kebutuhan sekarang” adalah belajar rukun islam yang 5 (lima), sekaligus syarat rukunnya, terutama shalat yang lima waktu, juga ilmu jual beli, serta ilmu   tentang sikap hati.
Namun pengarang kitab itu juga tidak melarang pelajar [santri] belajar ilmu yang sekiranya dibutuhkan di masa mendatang., seperti ilmu kedokteran dll.
__Hemat Penulis___
Kita sebagai pelajar tidaklah hidup di zaman sebelum masehi, tidak pula hidup di zaman Rasulullah, dan tidak pula di zaman pengarang kitab taklim ini hidup. Melainkan kita hidup di zaman modern, zaman teknologi, zaman di mana semua serba canggih.
Oleh sebab itu, sangat penting kita  memilah ilmu pengetahuan, sebagaimana yang dianjurkan kitab Taklimul Mutaallim itu, yang sekiranya cocok atau relevan dengan kebutuhan sekarang. Karena hal itu akan lebih berguna bagi kita.
Seperti banyak hal yang pada zaman dahulu tidak ada namun sekarang sudah ada. Semisal HP. Tentu pada saat Kiai Zarnuji [pengarang Taklim], HP belum ada. Sehingga beliau tidak pernah membahas tentang HP.
Namun sekarang penting sekali jika kita belajar tentang ilmu perHP-an, karena memang sekarnag zaman HP.
 
Semisal__
Bagaimana dampak HP bagi santri. 
Bagaimana cara menggunakan HP yang baik
Apa manfaat  dan mafsadat HP . dll
Maka hal semacam ilmu mengenai perHP-an di atas, penting sekali untuk dipelajari. Karena mamang sesuai dengan kebutuhan sekarang. Bisa saja pemilik HP secara tidak sadar menjadi budak HP. Dan tentunya budak pasar. [wallahu A’lam][]