Pernahkan Sewaktu Kecil Anda Disuruh Mencabuti Uban Ayah? Ini Hukumnya

oleh -

Hadis yang berbicara dalam kerangka larangan atau kemakruhan mencabutuban sangatlah banyak dan bervariasi. Diantaranya adalah redaksi yang melarang disertai iming-iming jika membiarkannya.

Ada pula yang melarangnya secara mutlak dan redaksi lain menyebutkan bahwa mencabut uban adalah termasuk dari sepuluh hal yang tidak Nabi sukai. Berikut adalah salah satu bentuk redaksi hadis (Abu Dawud, tanpa tahun:85)

حَدَّثَنَا مُسَدَّدٌ حَدَّثَنَا يَحْيَى ح و حَدَّثَنَا مُسَدَّدٌ حَدَّثَنَا سُفْيَانُ الْمَعْنَى عَنْ ابْنِ عَجْلَانَ عَنْ عَمْرِو بْنِ شُعَيْبٍ عَنْ أَبِيهِ عَنْ جَدِّهِ قَالَقَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لَا تَنْتِفُوا الشَّيْبَ مَا مِنْ مُسْلِمٍ يَشِيبُ شَيْبَةً فِي الْإِسْلَامِ قَالَ عَنْ سُفْيَانَ إِلَّا كَانَتْ لَهُ نُورًا يَوْمَ الْقِيَامَةِ وَقَالَ فِي حَدِيثِ يَحْيَى إِلَّا كَتَبَ اللَّهُ لَهُ بِهَا حَسَنَةً وَحَطَّ عَنْهُ بِهَا خَطِيئَةً

Telah menceritakan kepada kami Musaddad berkata, telah menceritakan kepada kami Yahya. (dalam jalur lain disebutkan) Telah menceritakan kepada kami Musaddad berkata, telah menceritakan kepada kami Sufyan secara makna, dari Ibnu ‘Ajlan dari Amru bin Syu’aib dari Bapaknya dari Kakek nya ia berkata, “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

“Jangan lah kalian mencabut uban, tidaklah seorang muslim tumbuh uban padanya dalam Islam -disebutkan oleh Sufyan dalam riwayatnya- “Kecuali ia akan menjadi cahaya baginya pada hari kiamat.” Dalam riwayat lain (oleh Yahya) disebutkan, “Kecuali dengan-nya Allah akan menuliskan satu kebaikan dan dihapuskan darinya satu dosa.” (HR. Abu Daud: 4202)

Kondisi ketika hadis ini muncul adalah banyak orang-orang yang telah beruban merasa tidak suka jika mereka mempunyai rambut yang berwarna putih karena hal itu menandakan berkurangnya keremajaan dan masuknya fase dewasa. Selain itu rambut uban juga identik dengan kelemahan dan berkurangnya kekuatan.

Disebabkan asumsi ini maka mereka yang telah beruban akan mencabuti uban mereka baik yang tumbuh pada rambut kepala maupun jenggot. Baca juga:Efek Puasa Ramadhan Bagi Tubuh Pelakunya