Munculnya Istilah SANTRI NOW di Indonesia

oleh -3.287 views

Munculnya Istilah SANTRI NOW di IndonesiaBab ini menganalisis perkembangan awal SANTRI NOW selama masa konsolidasi Orde Baru Soeharto hingga keruntuhannya pada tahun 1998. Kami memperkenalkan tiga jenis SANTRI NOW : konvergen, radikal dan global.
Meskipun ini bukan klasifikasi yang kaku, tiga varian dapat dijelaskan oleh afiliasi dengan pengelompokan yang berbeda dalam Islam Indonesia.

Santri digambarkan sebagai “konvergen” adalah aktivis tradisionalis dan modernis yang cenderung bergabung satu sama lain.

Santri “radikal” biasanya pesimistis tentang perjuangan tradisionalis dan modernis dalam Islam dan menuntut perubahan radikal di Indonesia.

Santri “global” lebih dipengaruhi oleh gerakan trans-nasional di Timur Tengah, namun masih merupakan bagian dari kelompok tradisionalis dan modernis di rumah. Pendekatan kami didasarkan pada analisis asal-usul doktrinal dan agenda keagamaan dari santri kontemporer ini untuk lebih memahami munculnya Jemaah Tarbiyah. Para aktivis PKS sebagian besar diambil dari anggota Jemaah Tarbiyah, yang masuk dalam kategori santri global.