Munculnya Istilah SANTRI NOW di Indonesia

oleh

Munculnya Istilah SANTRI NOW di IndonesiaSantriNow | Sebelumnya istilah SANTRI NOW tidak pernah terlintas dalam pikiran siapa pun. Setelah runtuhnya rezim Soeharto pada 1998, kelompok-kelompok Islam di Indonesia mulai mengekspresikan diri mereka secara vokal dan eksplisit.

Wacana Islam telah berkembang pesat, mulai dari tuntutan bahwa negara angkat larangan peran ideologi Islam di partai politik dan organisasi massa untuk mengakomodasi kepentingan Muslim hingga panggilan untuk pelaksanaan syariah Islam untuk menggantikan hukum negara.

Juga, masalah negara Islam global, khilafah, sekali tidak menarik, sekarang telah dipromosikan oleh bagian dari Muslim Indonesia. Ada juga dorongan yang berkembang dalam Islam politik untuk meninjau signifikansi Islam budaya di Indonesia. Agenda Islamisasi tidak lagi bersandar pada aspek intelektual dan budaya Islam. Islam perlu memainkan peran yang lebih besar dalam politik Indonesia.

Fenomena baru-baru ini menunjukkan munculnya tipe baru Muslim yang taat, santri , berbeda dari orang tua mereka dalam hal orientasi politik, ideologi agama dan dalam sikap mereka terhadap tradisi yang diwariskan. SANTRI NOW tidak hanya dipengaruhi oleh dinamika lokal dan perubahan politik, masyarakat dan budaya Indonesia tetapi mereka juga tunduk pada pengaruh internasional dalam Islam.

Di Indonesia, beberapa dari mereka mempertahankan hubungan mereka dengan kelompok tradisionalis atau modernis, beberapa menjaga jarak dari mereka dan yang lain menunjukkan orientasi radikal. Mereka telah menjadi sangat berpengaruh dalam bagian-bagian tertentu dari masyarakat Indonesia dan telah mendapatkan perhatian dari banyak pengamat dan peneliti.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.