Husein Muhammad: 5 Pesan Grand Syeikh al-Azhar

oleh -
Husein Muhammad: 5 Pesan Grand Syeikh al-Azhar
Gambar: PBNU

SantriNow | Grand Syeikh al-Azhar, Prof Ahmad Muhammad Ath-Thayyib silaturaahmi ke kantor Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) di Jakarta pada Rabu (2/5). Kedatagannya disambut Ketua Umum PBNU, Prof KH Said Aqil Siradj bersama jajaran pengurus PBNU.

Berikitu beberapa pesan Grand Syeikh yang kami rangkum jadi 5 pesan pokok. Tulisan ini diambil dari Kultwitt Husein Muhammad di antaranya:

Pertama: Kita kaum muslimin harus bersatu, tidak boleh bermusuhan dan bercerai-berai.

Kedua: Jangan mengkafirkan siapapun yang masih shalat menghadap kiblat, meski dia melakukan dosa besar, sepanjanga dia tidak menganggap atau menghukumi halal perbuatan dosa besar itu.

Ketiga: Kita tidak boleh fanatik atas pandangan kita, dengan menganggap hanya dirinyalah yang benar, seang orang lain sepenuhnya salah.

Keempat: Kita harus mencari hal-hal yang sama, bukan mencari-cari hal-hal yang berbeda.

Kelima: Kita tidak boleh men-generalisasi keburukan seseorang atau sebagian orang dari suatu golongan sebagai keburukan semua orang dalam golongan itu. Pada setiap golongan ada orang-orang yang punya pandangan berbeda. Termasuk di Sunni juga.

Itulah 5 pesan pokok Grand Syeikh kepada umat Islam Indonesia. Semoga kita semua bisa saling menghormati satu sama lain. Tidak mudah mengkafirkan orang yang berbeda dengan kita. []