5+1 Amalan di Bulan Ramadhan bagi Santriwati Haid

oleh

5+1 Amalan di Bulan Ramadhan bagi Santriwati HaidSantriNow | Santriwati tidak usah bingung manakala di bulan Ramadhan tidak bisa puasa secara penuh lantaran kedatangan tamu istimewanya alias “haid”. Karena masih banyak amalan lain yang bisa anda lakukan dan pahalanya juga tidak kalah saing dibanding dengan pahalanya puasa.

Apa saja yang bisa dilakukan oleh santriwati yang sedang haid di bulan puasa?

1# Menyediakan santapan buka puasa bagi teman-temannya

Jadi kalau Anda sedang haid sehingga tidak bisa menjalani ibadah puasa, maka salah satu yang bisa dilakukan menyajikan makanan yang bakal disantap oleh teman Anda yang sedang berpuasa.

Rasulullah pernah bersabda begini “Barang siapa yang memberi buka (hidangan untuk berbuka) orang-orang yang berpuasa maka baginya pahala seperti orang yang berpuasa tanpa dikurangi sedikitpun.” (H.R. Bukhari Muslim).

Dari Salman al-Farisi r.a. Diceritakan bahwa Rasulullah SAW berkhotbah menjelang Ramadan, diantara isi khotbah beliau: “Siapa saja yang memberi (hidangan buka puasa) kepada orang yang puasa dengan seteguk susu, satu kurma, atau seteguk air, dan siapa yang mengenyangkan orang yang berpuasa maka Allah akan memberi minum dari telaga dengan satu teguk, sehingga yang minum tidak akan haus sampai masuk surga. Masya Allah.

Inilah bulan, yang awalnya merupakan rahmat, pertengahan adalah ampunan, dan ujungnya sebagai pembebas dari api neraka. Perbanyak melakukan 4 hal dalam bulan Ramadhan.” Baca: Puasakan Keinginan di Bulan Ramadhan