“Zainal Suwari” Masuk 10 Anggota Pasukan Khusus Pagar Nusa Pertama

oleh
"Zainal Suwari" Masuk 10 Anggota Pasukan Khusus Pagar Nusa Pertama
Gambar: facebook

SantriNow [] CIKAL BAKAL LAHIRNYA PASUKAN KHUSUS PAGAR NUSA. Aspek paling dominan yang melatar belakangi berdirinya Pasukan Inti Pagar Nusa adalah adanya saran, prediksi, dan Isyarah dari para Kiai Sepuh kepada Bapak Prof. Dr. H. Suhar Billah, S.H., LLT., MBA. dalam rangka menghadapi tantangan masa depan dari Jam’iyyah Nahdlatul Ulama.

Isyarah dari begitu banyak Kiai Sepuh baik yang disowani langsung maupun lewat telepon serta sebagian kiai sepuh tersebut tidak berdasarkan pribadi melainkan ada yang meenyandarkan kepada isyarah yang diterima dari tokoh yang sudah wafat.

Isyarah isyarah, saran saran serta petunjuk petunjuk itu, ditambah analisa yang  dilakukan terhadap fenomena realitas dan kondisi yang menyertai saat itu membuat Beliau ( Prof. H. Suhar Billah ) yakin akan pentingnya dibentuk sebuah pasukan yang diambil dari anggota pilihan yang ada di Perguruan ini.

Sementara itu fakta situasi dan kondisi yang lebih dekat juga sangat membutuhkan kehadiran sebuah Pasukan yang ramah terhadap masyarakat dan tidak terlalu militeristik yang bisa langsung melayani, mengayomi, dan berpartisipasi langsung terhadap kehidupan warga masyarakat, terlebih warga NU.

Di sisi lain Pagar Nusa adalah Organ NU yang bergerak khusus dibidang Pencak Silat dengan segala aspeknya. Salah satu kompetensi yang dianggap oleh NU dimiliki oleh Pagar Nusa adalah Bidang Pengamanan disamping yang telah lebih dulu eksis yaitu Bansernya Ansor. Dibelakang hari langkah Pagar nusa ini juga diikuti IPNU dengan membentuk Corp Brigade Pembangunan (CBP).