Tangisan Gus Dur Bukan Soal Lenyapnya Harta dan Jabatan

oleh

Tangisan Gus Dur Bukan Soal Lenyapnya Harta dan Jabatan SantriNow | Siapa yang tidak kenal dengan Gus Dur. Ia adalah sosok manusia tangguh pembela kebenaran dan gigih melawan kezaliman bangsa ini. Saat Gus Dur dilengserkan dari kursi kepresidenannya, ia hanya melambaikan tangan dengan celana pendek dan kaos oblong.

Bagi Gus Dur, jabatan tidak harus dipertaruhkan dengan pertumpahan darah antar bangsa. Karena itulah Gus Dur saat dilengserkan dari jabatannya sebagai Presiden melarang keras kepada para pendukung fanatiknya berbuat keributan yang menyulut terjadinya perang saudara.

Gus Dur dikenal sosok yang cerdas dan humoris. Kesehariannya penuh dengan cerita yang bikin pendengarnya tertawa terkekeh-kekeh. Kalau Gus Dur ngisi pengajian di suatu daerah misalnya, pasti nuansa ceramahnya bikin suasana hidup dan penuh dengan keceriaan.

Gus Dur juga dermawan, pemaaf, suka silaturrahmi. Tiap kali ia pergi kesutu acara di daerah contohnya, bisa dipastikan ia akan mampir ke sahabat-sahabatnya di daerah itu. Cara Gus Dur yang seperti inilah, ia dicintai semua orang. Baca: Makna Rahmatan lil Alamin dalam Pandangan Gus Dur