Survei Terkini, Khofifah – Emil Salip Kiri Gus Ipul – Puti

oleh

Survei Terkini, Khofifah - Emil Salip Kiri Gus Ipul - PutiSantriNow | Menuju Jatim Sejahtera, survei terkini membuktikan bahwa Khofifah Indar Parawansa dan Emil Dardak ungguli Gus Ipul dan Mbak Puti Soekarno.

Berikut beebrapa hasil survei terkini: Poltracking Indonesia merilis hasil survei terhadap calon gubernur dan wakil gubernur Pilkada Jatim 2018. Hasilnya, pasangan Khofifah Indar Parawansa dan Emil Dardak unggul dengan elektabilitas 42,3%.

Survei dilakukan pada tanggal 6-11 Maret 2018. Ada 1.200 responden yang dipilih dengan metode stratified multistage random sampling. Margin of error dari survei tersebut +- 2,8% dengan tingkat kepercayaan 95%.

Poltracking Indonesia melakukan simulasi dengan menyebar kertas suara ke 1.200 responden dengan pertanyaan siapa yang dipilih. Hasilnya, pasangan Khofifah-Emil menempati posisi teratas dengan perolehan suara 42,4 % menyusul di bawahnya pasangan Gus Ipul dan Puti Guntur dengan suara sebanyak 35,8%.

“Simulasi kertas suara: 42,4% Khofifah-Emil, 35,8% Saifullah (Gus Ipul) -Puti, dan yang belum memutuskan sebanyak 21,8%. Jadi Khofifah-Emil unggul 6,6% lebih kurang. Unggul tipis Khofifah-Emil,” kata Direktur Poltracking Indonesia Hanta Yuda saat memaparkan hasil survei di Hotel Sari Pan Pasific, Sarinah, Jakarta Pusat, Minggu (18/3).

Indopoll Network sebelumnya juga melakukan survei elektabilitas cagub-cawagub Jatim 2018. Khofifah-Emil unggul tipis dari Gus Ipul-Puti.

Survei digelar pada 22-26 Januari 2018. Sampel dalam survei berjumlah 1.019 responden, yang sudah memiliki hak pilih pada pilkada. Besar sampel ditentukan menggunakan rumus Slovin, dengan margin of error +/- 3,2%. Survei dipublikasikan pada Senin (12/3).

Hasilnya, elektabilitas Khofifah-Emil sebesar 49,02% atau unggul tipis dari Gus Ipul-Puti, yang meraih 47,25%. Sedangkan ada 3,73% responden yang belum menentukan.

Sementara itu, survei yang dirilis Litbang Kompas, Senin (12/3). Elektabilitas Khofifah-Emil 44,5% sementara Gus Ipul-Puti 44%. Masih ada 11,5% pemilih yang belum menentukan pilihan.

Baik pendukung Khofifah maupun Gus Ipul punya sikap yang cenderung sama terhadap pilihan mereka masing-masing. 53,1% pemilih Khofifah tidak akan mengubah pilihannya sementara itu ada 56,6% pemilih Gus Ipul yang tidak akan berubah pilihan.

Khofifah unggul di wilayah Mataraman Pesisir, Mataraman, Madura dan Osing. Sementara itu, Gus Ipul memimpin di wilayah Pandalungan dan Arek.