Pesan di Balik Pemblokiran Akun Instagram Ustaz Abdul Somad (UAS)

oleh
Pesan di Balik Pemblokiran Akun Instagram Ustaz Abdul Somad (UAS)
Gambar: bbc

SantriNow | Nukman Luthfie selaku pengusaha dan konsultan bidang pemasaran internet berpendapat bahwa akun Instagram seseorang bisa saja terblokir meski orang tersebut tak merasa melakukan apa pun yang melanggar aturan Instagram.

Jika hal ini terjadi, menurut Nukman, pengguna bisa melakukan banding dan protes kepada Instagram, maupun media sosial lainnya jika ini terjadi di media sosial lain.

Dalam syarat dan ketentuan di aplikasi Instagram memang tertulis bahwa “Kami berhak memodifikasi atau menghentikan Layanan atau akses Anda ke Layanan karena alasan apa pun, tanpa pemberitahuan, kapan saja, dan tanpa kewajiban kepada Anda.”

Pemblokiran akun oleh Instagram memang bukan kali ini saja terjadi.

Dani Diamond, seorang fotografer di New York, menuliskan blog mengenai pengalamannya saat Instagram tiba-tiba menghapus akunnya yang punya 135.000 follower.

“Tiba-tiba saya tidak bisa login dengan pesan bahwa ‘Akun Anda telah dinonaktifkan karena melanggar ketentuan kami’, tanpa ada keterangan apa-apa selain itu,” kata Dani dalam blognya, September 2016.

Empat hari setelah itu, akunnya muncul kembali, juga tanpa keterangan apa-apa.

Sebelumnya, ada pengguna Instagram dengan nama akun @tony yang melaporkan bahwa Instagram menonaktifkan akunnya.

Kali ini Instagram memberikan pemberitahuan melalui email bahwa “Kami menonaktifkan akun Instagram yang tidak mematuhi Syarat Penggunaan”.

Tony melalui blognya menjelaskan bahwa dia telah membalas dengan menyatakan tidak tahu, hal apa yang membuatnya diblokir? Instagram tidak membalas. Seminggu kemudian, akun @tony pun aktif kembali.