MUI Membangun Koperasi Berbasis Pesantren

oleh -

Koperasi dinilainya sangat cocok dengan keberagaman, budaya tolong menolong serta saling menghargai sebagaimana karakteristik masyarakat Indonesia dan sesuai dengan nilai nilai Pancasila. Koperasi diharapkan dapat menjadi wadah pemberdayaan, saling asah, asih, asuh sekaligus menjadi pemersatu dalam menghadapi persaingan bebas ditingkat nasional dan global.

Ia menuturkan melalui wadah Koperasi berbasis Pesantren ini anggotanya kelak dapat mempunyai posisi tawar yang lebih baik dalam melaksanakan kerja sama antaranggotanya, maupun dengan pihak lain seperti pemerintah atau swasta dalam hal peningkatan sumber daya manusia, permodalan, produksi dan pemasaran.

Aspek permodalan pun akan ditingkatkan melalui penyertaan modal dan pihak ketiga. Koperasi ini diyakini akan memperbesar potensi pasar internal, termasuk beberapa peluang pasar luar negeri yang telah siap menerima produk anggotanya.

“Kami berkomitmen dan akan berperan penuh dalam pemberdayaan ekonomi umat sebagai wujud arus baru ekonomi Indonesia dengan cara membangun umat entrepreneur berbasis technopreneurship,” ujarnya.
Dan Koperasi berbasis Pesantren itu diberi nama Koperasi Mitra Santri Nasional [sN/rK]