Bila Khofifah Menang di Pilgub Jatim Pertanda Prabowo Bakal Menang Pilpres 2019?

oleh -
Bila Khofifah Menang di Pilgub Jatim Pertanda Prabowo Bakal Menang Pilpres 2019?
Gambar: Editing

SantriNow | Menurut pengamat politik dari LIPI, Khofifah tidak akan mudah mengalahkan Gus Ipul sebagai lawan kandidatnya di Pilgub Jatim 2018. Karena tercatat Khofifah sudah dua kali melawan Gus Ipul dan hasilnya selalu kalah.

“Memang tidak ringan bagi Khofifah untuk kembali maju (memenangi Pilkada Jatim), karena kesekian kali berhadapan dengan Saifullah,” kata Pengamat politik dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Indria Samego saat dihubungi, Kamis (12/10).

Gus Ipul yang didukungan simpatisan NU berkontribusi besar dalam jumlah perolehan suara Soekarwo. Warga NU, kata Indria, secara pengalaman cederung memilih kepemimpinan bedasarkan gender. Indria menuturkan.

“Pertama konserfatifnya lebih memilih laki-laki ketimbang perempuan. Kedua, Saifullah incumbent yang sudah punya pengalaman, pendukungnya bukan hanya NU tapi NU plus,” ungkap Indria.

Meski demikian, Khofifah masih memiliki kans seimbang bila dihadapkan kembali melawan Gus Ipul. Menurut Indria, Khofifah memiliki tingkat popularitas yang menanjak ketika menjabat sebagai Mensos. Itu menjadi nilai tambah tersendiri.

“Bukan tidak mungkin Saifullah dikalahkan. Kalau pemilih mengetahui kelemahan Saifullah, mungkin itulah keunggulan Khofifah,” ujarnya.