di ,

Makna Santri X dan Santri Milenial di Zaman Now

Makna Santri X dan Santri Milenial di Zaman Now
Ilustrasi Santri Milenial generasi Y

SantriNow xxx Santri X yang kami maksud di sini adalah sebuah istilah saja, tanpa ada niat untuk maksud tertentu. Jadi santri X di sini hanhyalah istilah belaka, tidak lebih. Mungkin masih belum puas dengan jawaban kami? Ok, tidak masalah. Baca: Makna Santri yang Hidup di Zaman X 

Selanjutnya, apabila istilah santri X dan Milenial dikaitkan dengan teori X dan Y, maka kesimpulannya akan sedikit berbeda atau bahkan bertolak belakang. “Teori X dan Y merupakan teori motivasi manusia yang diciptakan dan kemudian dikembangkan oleh Douglas McGregor di Sloan School of Management MIT di tahun 1960 yang telah digunakan sebagai teori manajemen sumber daya manusia, perilaku organisasi, komunikasi organisasi seta pengembangan organisasi”.

Douglas McGregor menggunakan terori X dan Y untuk mengungkap teori strategi kepemimpinan efektif dengan konsep manajemen partisipasi melalui asumsi-asumsi sifat dasar manusia. Menurutnya, pemimpin yang menyukai teori X cenderung gaya kepemimpinannya otoriter dan sebaliknya. Pemimpin yang suka dengan teori Y lebih menyukai gaya kepemimpinan demokratik.

Dengan begitu, santri yang memiliki tipe gen X merupakan santri dengan sifat yang tidak akan bekerja tanpa perintah, sebaliknya santri yang memiliki tipe teori Y akan bekerja dengan sendirinya tanpa perintah atau pengawasan dari atasannya. Tipe Y ini adalah tipe yang sudah menyadari tugas dan tanggung jawabnya.

Artinya istilah santri X menurut teori ini adalah santri yang masih butuh pengawasan, didikan dari orang di sekelilingnya termasuk guru dan seniornya. Sebab itulah santri X harus selalu diingatkan, diarahkan dan didoakan. Dengan harapan, semoga santri X kelak jadi santri yang bisa bermanfaat bagi banyak orang. Baca juga: Santri Zaman X Wajib Hukumnya Melawan Berita Hoax

Adapun istilah Milenial (juga dikenal sebagai Generasi Y) yaitu kelompok demografi sesudah generasi X (Gen-X). Dan menurut para ahli, awal tahun 1980-an sebagai awal kelahiran kelompok ini dan pertengahan tahun 1990-an sampai awal 2000-an sebagai akhir kelahiran.

Makna Santri X dan Santri Milenial di Zaman Now
Ilustrasi santri milenial generasi z
Dengan begitu, ‘Santri Milenial’ bisa juga disebut generasi santri yang lahir setelah santri X, dimana santri yang digolongkan pada gen Y merupakan santri yang lebih maju dan demokratis.

Pertanyaannya sekarang adalah: “Bagaiamana dengan generasi sanri zaman now (santri zaman sekarang), apakah mereka termasuk kategori generasi Y atau malah generasi X. Untuk menjawabnya, hal itu tergantung pada diri santri masing-masing. Tapi harapan penulis, semoga santri zaman now ini masuk kategori santri Y atau santri Milenial.

Namun jangan passif dalam memaknai kedua teori itu. Maksudnya, kedua teori tersebut tidak monoton hanya dimiliki seseorang yang pada awalnya sudah bertipikal X. Sehingga seorang santri suatu waktu dengan tipikal X namun di waktu yang lain bisa jadi berubah kepada tipikal Y atau Milenial.

Catatan Penulis: Tampa ada maksud mengesampingkan kedua teori di atas, kami hanya ingin mengulangi apa yang sudah tertulis di paragraf pertama dalam tulisan ini. Bahwa istilah santri X dalam beberapa tulisan yang dimuat pada situs ini hanyalah sebuah istilah biasa yang tidak ada tujuan apa-apa. Dengan harapan nantinya santri X itu menjadi cirikhas web ini dari istilah lain yang sudah lebih dulu populer.

Kesimpulannya, istilah santri X >< Y adalah tipikal santri yang memiliki kesamaan dan perbedaan. [st/wk]

BAGAIMANA MENURUT KAMU?