Pengertian Jodoh atau Jodoh itu apa sih?

oleh

Pengertian jodoh atau jodoh itu apa sih?SantriNow xxx Bicara pengertian jodoh, atau pengertian jodoh itu sebenarnya bagaimana? Silahkan dibaca terus sampai selesai. Insya Allah Anda mendapatkan jawabannya.

Suami atau pun istri Anda saat ini, apakah itu sudah jadi jodoh?
Bila suatu hari berpisah, apakah tetap dikatakan sebagai jodoh Anda?
Menurut penulis, seseorang yang menemani Anda hingga akhir hayat nantinya, itulah jodoh yang sesungguhnya.

Bagaimana dari Anda?

Jodoh Adalah bagian dari rahasia takdir. Takdir yakni ketentuan Allah yang telah ditetapkan semasa manusia masih berada di dalam rahim, sebagaimana halnya rezeki & maut. Jodoh Anda telah ditakdirkan oleh Allah, dan dia tidak akan kemana-mana. Tetapi jodoh tidak akan datang kalau tidak dicari. Sama halnya dengan rezeki. Rezeki tidak bakalan diraih kalau tidak diusahakan.

Jodoh adalah suatu anugerah yang oleh sang pencipta dikirimkan kepada Anda.
Ok lah, kalau ada sebagian orang yg menafsirkan jodoh itu akan tiba dengan sendirinya, tidak masalah. Tapi asal jangan lupa, bahwa jodoh itu bukan untuk ditunggu melainkan dicari.

Jodoh itu sama dengan takdir yang sudah dituliskan Allah di kitab lauhul mahfudz. Jodoh, rezeki, dan kematian datang melalui aneka macam cara. Anda hanya memilih dan menjalani. Kalau Anda memilih (menikah) dengan si “A” sebagai jodoh, maka Allah takdirkan si “A” menjadi jodoh Anda. Tetapi ketika Anda memilihnya bercerai, bukan berarti si “A” tidak jodoh dengan Anda, melainkan karena Anda tidak bisa mempertahankan jodoh yang sudah dipilih berdasarkan jutaan jodoh yang Allah sediakan buat Anda. Pilih salah satunya dan jagalah jodoh Anda.

Untuk memaknai dan menelaah yang namanya “JODOH”, Anda jangan hanya memandang berdasarkan satu kacamata saja. Karena yang namanya jodoh itu merupakan sesuatu yang diusahakan sampai mendekati apa yang sudah digariskan oleh Tuhan.

Arti jodoh secara umum:

Anda dipertemukan dengan seseorang yang sekarang sudah menjadi istri yaitulah jodoh Anda.
Lantaran hal itu telah digariskan oleh Allah SWT, kenapa digariskan?
Karena siapa pun yang ada di samping Anda sekarang pasti bukan karena kebetulan, melainkan sudah takdir Allah yang dituliskan atau digariskan di lauhul mahfud. Mungkin Anda merasa waktu awal bertemu dengan pasangan menganggap sesuatu yang hanya kebetulan. Namun sebenarnya pertemuan itu sudah digariskan oleh Allah.

Arti jodoh secara khusus:

Anda dipertemukan dengan pasangan, karena dia memang jodoh Anda.
Namun bukan berarti dia yg berjodoh dengan Anda saat ini akan selalu bergandengan sepanjang hayat, belum tentu.

Karena hal itu tergantung pada cara Anda menjaganya. Maka agar pasangan Anda tetap langgeng bersama dengan Anda sepanjang hayat, rawatlah dia dengan rasa cinta, dan kasih sayang yang tulus. Ibarat setangkai bunga mawar, manakala tidak dirawat dia akan layu, bila digenggam erat, Anda sendiri akan tersakiti olehnya. Lantaran bunga mawar memiliki duri yang sangat tajam.

Begitu juga dengan pasangan Anda. Mereka perlu dirawat dengan kasih sayang dan rasa cinta. Dan juga dia butuh kebebasan untuk berekpresi. Makanya jangan over kontrol pada pasangan, biar tidak dikecewakan.
Suami atau istri saat ini, apakah itu jodoh Anda?

Apabila suatu hari berpisah, apakah masih dianggap sebagai jodoh Anda?
Jodoh itu terdapat berapa jumlahnya?
Orang yang mati sebelum menikah, apa dia tidak punya jodoh?
Orang yang menikah, lalu bercerai kemudian menikah lagi, yang mana yg disebut jodohnya?
Orang yang beristri lebih dari satu, apa seluruh istrinya itu adalah jodohnya?
Orang yang menikah, lalu bercerai tetapi tidak nikah lagi, siapa jodohnya?
“Orang yang menemani sampai akhir hayat, itu yang kami sebut jodoh”

Perempuan   itu diciptakan dari tulang rusuk pria. Ok.

Bukankah tulang rusuk itu jumlahnya ada banyak? Betul.

1# Tulang rusuk sejati : jumlahnya terdapat 7 pasang.
2# Tulang rusuk palsu : jumlahnya ada 3 pasang.
3# Tulang rusuk melayang : jumlahnya ada dua pasang

Yang jadi pertanyaannya, apa aku ini tulang rusuk sejati suamiku?
Berapa banyak perempuan yg diciptakan melalui tulang rusuk suamiku?
Bukankah tulang rusuk itu bengkok?
Apa bengkok itu sebagai kekurangan dan kelemahan perempuan?
Bukankah tulang rusuk itu memang sengaja Allah ciptakan bengkok?
Buat melindungi dada agar nir sesak dan merasa nyaman?

“Nasihatilah wanita menggunakan cara yang baik! Perempuan itu diciptakan dari tulang rusuk, sementara yang paling bengkok itu bagian paling atas. Apabila Anda bersikeras meluruskannya, dia akan patah. Tetapi bila Anda membiarkannya, ia akan bengkok selamanya. Maka nasihatilah perempuan dengan cara yang baik!” (HR Bukhari, Muslim, Ibnu Abi Syaibah, & Baihaqi)

Hadits ini menganjurkan Anda supaya memperilakukan wanita dengan cara yang baik, karena watak perempuan   kadang sulit sekali untuk diperkirakan. Wanita acapkali kali memakai perasaannya dibanding akalnya, maka atas dasar itu perempuan lebih mudah meledak emosinya dibanding pria yg masih memakai akal sehatnya sehingga mereka mampu mengendalikan perasaannya. Baca juga: Justru Wanita yang Sudah Bersuami Berpotensi Kuat Timbulkan Fitnah

Kita sudah paham, bahwa Allah sangat membenci perceraian, tetapi mengapa kaum lelaki dengan dalih “bukan jodoh” dengan gampangnya menceraikan istrinya? Allah membenci perceraian. Karena seandainya dia bukan jodohnya tidak mungkin Allah pertemukan Si A dengan Si B sehingga kemudan kawin. Artinya bukan karena dia tidak jodoh melainkan dia tidak mampu merawatnya supaya langgeng. Ingat apa pun yang kita perbuat pasti akan ada balasanya.

Dengan memahami hal di atas, maka jangan terlalu alergi atau senang mencari kesalahan jodoh kita. Marilah sekarang dipikirkan baik-baik. Jodoh Anda sekarang merupakan jodoh pilihan Tuhan yang terbaik. Sebab itulah bersikaplah terbaik kepada orang yg Anda sayangi, pasti Allah akan melihat usaha Anda sebagai do’a, dan semoga yang Anda sayangi itu adalah jodoh sampai akhir hayat. Janganlah Anda berkecil hati dengan anggapan bahwa Anda tidak sederajat atau setara dengan orang lain. Jangan lupa jika Allah menghendaki, apa pun pasti terjadi. Jangan ada istilah putus harapan, mari bersemangatlah buat meraih sukses.

Kesimpulannya, kita wajib  yakin bahwa ALLAH swt telah menciptakan insan menggunakan takdirnya. Dan Anda juga wajib  meyakini bahwa manusia itu diberi pilihan untuk menentukan takdir yang paling baik bagi dirinya pada kehidupannya kini   dan jua kelak. Maka, keimanan atas takdir sebaiknya  bisa menjadi dorongan untuk Anda selalu berdoa dan berikhtiar/berusaha keras menggunakan kesempatan sebaik mungkin untuk menerima jodoh yang terbaik buat Anda. Sementara hasilnya merupakan takdir Allah. Dan yakinlah bahwa Allah SWT tidak akan mendzalimi hambanya.

Intinya cinta itu adalah pilihan, tapi jodoh itu merupakan takdir. [md/st]