Kiat Menjadi Muslimah Berkarakter

oleh

Kiat Menjadi Muslimah BerkarakterSantriNow xxx Siapa yang tidak ingin menjadi muslimah yang baik – memiliki karakter kuat serta pribadi yang berkualitas? Pastinya hampir semua muslimah menginginkannya. Tentu bukan perkara mudah. Banyak tantangan yang harus dilalui agar bisa mencapainya. Namun begitu kita tidak boleh putus asa apalagi menyerah. Jika kita berusaha pasti akan selalu ada jalan untuk menjadi seorang  muslimah yang baik – berkarakter dan berkualitas.

Buku ini hadir untuk menjawab kebingungan kita yang tengah berusaha menjadi seorang muslimah yang berkarakter dan berkualitas. Sebagaimana tagline yang termaktub dalam cover, buku ini fokus membahas tentang empat hal yang sering kita hadapi dalam kehidupan sehari-hari, yaitu: love, lifestyle, hope, dan fiqht.

Membahas cinta, siapa yang tidak pernah mendengar satu kata tersebut? Satu kata manum memiliki sejuta makna. Cinta memang selalu asyik untuk dibahas dan dikulik. Namun yang tidak boleh kita lupa adalah bagaimana cara memaknai cinta itu sendiri. Saat ini banyak muslimah yang telah salah dalam memaknai cinta.

Kerap kali kita mengikuti budaya Barat dalam memaknai cinta dengan melakukan pacaran. Padahal sebagaimana seorang muslimah yang baik, kita harus bisa memanage hati, agar dalam memaknai cinta kita tidak salah jalan. “Cinta yang baik itu bukan aku dan kamu pacaran saat ini. Karena cinta sejatinya hanya termaktub dalam ikatan suci.” (hal 9).

Kalau kita sudah terjangkit cinta, maka jalan terbaik yang harus kita tempuh adalah menikah jika sudah mampu. Namun bila belum mampu, kita harus menjaga pandangan dan nafsu agar tidak tergoda dengan ajakan setan.

“Semua bencana itu bersumber dari pandangan. Seperti api besar itu bersumber dari percikan api. Betapa banyak pandangan yang menancap dalam hati seseorang. Seperti panah yang terlepas dari busurnya.” (hal 42). Selanjutnya masalah liystyle. Di sini sedikit banyak penulis membahas tentang bagaimana penampilan terbaik yang harus dikenakan seorang muslimah.

Membicakan masalah penampilan, maka sudah pasti tidak jauh-jauh dari gaya berpakaian dan kebiasaan berhias. Di mana sudah semestinya kita selalu memakai baju syar’i yang menutup seluruh aurat kita. Karena pakaian yang kita kenakan itu menunjukkan jati diri kita. “Bersihkan dirimu, bersihkan hatimu, niscaya akan terpancar pesona cantikmu.”

Untuk menjadi seorang muslimah yang berkualitas, kita memang harus paham benar tentang batas-batas dalam memilih model baju. Begitu juga dalam masalah berhias. Karena disadari atau tidak, berhias merupakan fitrah seorang wanita.

Setiap wanita sudah pasti ingin terlihat cantik. Dalam masalah berhias, dalam buku ini kita diingatkan untuk tidak berlebihan serta diingatkan tentang bagaimana cara berkomunikasi yang baik dengan keluarga, saudara, teman atau masyarakat. Baca: Fiqih Darah Haid Lengkap dari A samapi H untuk Wanita Shalihah

Selanjutnya akan dibahas tentang cita-cita dan harapan. Bahwa kita sebagai seorang muslimah itu berhak memiliki mimpi dan harapan. Karena passion adalah motor penggerak yang mempompa semangat dan antusiasme untuk mencapai tujuan (hal 204). Tetapi dalam kita juga harus ingat passion juga perlu diikuti dengan istiqomah berlatih. Dan yang tidak kalah penting kita juga harus mendapat restu orangtua. Jangan sampai demi mengejar passion, kita malah durhaka kepada orangtua. Tentu saja hal itu dilarang.

Terakhir adalah membahas tentang fiqht perjuangan. Di mana dipaparkan bahwa sebagai seorang muslimah kita tidak boleh lemah. Kita harus kuat. Karena tantangan sebagai seorang muslimah akan benar-benar kita rasakan ketika sudah menjadi seorang ibu. Kita harus berjuang saat akan melahirkan – siap berkorban nyawa, juga ketika merawat anak-anak.

Sebuah buku yang patut dibaca baik para muslim juga muslimah. Dipaparkan dengan gaya bahasa yang sederhana namun memikat, membuat buku ini asyik untuk dibaca. Keunggulan lain dari buku ini adalah penulis melengkapinya dengan kisah-kisah inspiratif yang pastinya bisa membuat kita mengambil banyak pembelajaran, juga quote-quote menarik yang bisa dijadikan renungan. Beberapa kekurangan yang ada, tidak mengulangi esensi dari isi buku ini.

Tulisan ini adalah hasil resensi dari buku yang pernah dimuat Majalah Auleea, edisi November 2017.
Judul : Muslimah Antibaper; Days with Love, Lifestyle, hope & Fiqht!
Penulis : @GentaMuslimah
Penerbit: Genta Hidayah
Cetakan: Pertama, Juni 2017
Tebal : x +414 halaman
ISBN : 978-602-6359-42-1
Peresensi : Ratnani Latifah.
Alumni Universitas Islam Nahdlatul Ulama, Jepara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.