Tidak Ada Gambar Haox, yang Ada adalah Ini

oleh
Tidak Ada Gambar Haox, yang adalah Ini

SantriNow xxx Pada dasarnya hoax itu tidak ada, yang ada hanyalah yang ada. Pada dasarnya Anda itu tidak ada yang ada hanyalah zat yang mengadakan Anda. Sekali lagi, pada dasarnya hoax itu tidak ada yang ada hanyalah benda yang di-hoax-an atau disalah gunakan.

Gambar hoax itu tidak ada, yang ada adalah gambar kreatif itu sendiri. Apabila ada gambar yang dianggap hoax itu sebenarnya bukan gambarnya yang hoax melainkan gambar unik yang disalah gunakan. Contoh ada gambar jalan retak sebagaimana yang banyak beredar di medsos , seoalah-olah gambar itu menggambarkan jalan rekat yang parah akibat gempa yang terjadi di Banten. Ini dia salah satu contoh gambarnya:

Tidak Ada Gambar Haox, yang adalah Ini
Gambar jalan rusak ini memang benar-benar adanya yaitu jalan rusak yang ada di Wonosari, Gunung Kidul, tetapi disalahgunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Gambar itu disebarkan seolah-olah akibat gempa berkekuatan 6,1 Skala Ritcher yang terjadi di Lebak, Banten. Pusat gempa berada di 81 km Barat Daya Lebak, Banten. Gempa ini terasa hingga Jakarta.

Jelas foto itu bukan hoax melainkan asli namun disebarkan atas nama gempa yang terjadi di Banten sehingga jadilah foto hoax.

Apa sebenarnya tujuan mereka nyebar gambar atau video yang dianggap hoax itu
1. Mencari uang
Dengan menyebar berita entah itu berupa tulisan, gambar, dan video di media sosial yang kemudian dibaca oleh juataan orang atau ditonton oleh jutaan orang maka jelas penghasilan website atau video youtube itu akan besar.
2. Adu Domba Politik
Banyak orang yang menganggap berita di media online dan media sosial itu dianggap valid semua padahal banyak sekali yang hoax. Kalau berita itu isinya profokasi maka para pembacanya jadi korban adu domba buatan mereka. Biasanya hal ini terjadi bila hampir mendekati pilpres, pilgub, pilbup dan lain sebagainya.
3. Untuk mengetahui tingkat kecerdasan masyarakat umum.
Sekarang di media sosial rata-rata penggunanya gemar membaca tulisan yang profokativ, video aneh yang kadang tidak masuk diakal sehat. Mereka tidak sadar bahwa dirinya sedang diuji kekritisannya dalam membaca berita.[]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.