Nasehat Imam Ghazali untuk Para Jomlo: Jangan Nikahi 6 Tipe Wanita Ini

oleh
Nasehat Imam Ghazali untuk Para Jomlo: Jangan Nikahi 6 Tipe Wanita Ini

SantriNow xxx Imam Ghazali yang namanya sudah mendunia sejak remaja, serta kitabnya yang sampai sekarang tetap dikaji di berbagai pesantren di Indonesia ini berpesan kepada laki-laki yang hendak mencari jodoh, agar supaya tidak memilih 6 tipe wanita ini.

1# Lemah Mental (mudah mengeluh dan mengadu)
Imam Ghazali melarang para jomlo memilih pasangan yang lemah mental. Masuk akal, mengapa para jomlo jangan sampai memilih wanita yang lemah mental. Biasanya wanita yang lemah mental ini suka ngeluh, suka mengadu, gampang putus asa. Bagaimana bisa tercipta keluarga yang mawaddah wa rahmah kalau si istri suka ngeluh suka ngadu keburukan orang lain atau mengadu keburukan suaminya sendiri pada orang lain.

2# Suka Ngungkit-ngungkit Kebaikannya Sendiri
Imam Ghazali melarang para jomlo memilih calon pasangannya yang suka ngungkit-ngungkit kebaikannya. Sebenarnya sifat atau watak ini bukan hanya milik perempuan melainkan laki-laki juga. Maka sebaiknya bagi para jomlo, hindari memilih wanita yang suka mengungkit-ungkit kebaikannya sendiri. Pepatah Arab mengatakan “barang siapa yang suka mengungkit-ungkit atau mengingat-ingat kebaikannya sendiri maka pahalanya akan hilang”

3# Suka Membandingkan Orang Lain dengan Suaminya
Imam Ghazali melarang para jomlo memilih wanita yang gemar membanding-bandingkan. Laki-laki mana yang suka dibanding-bandingkan, suami yang mana yang suka dan rela dirinya dibanding-bandingkan oleh istrinya sendiri. Suami yang mana yang mau direndahkan oleh istrinya sendiri. Nauzubillahi min zalik. Betapa tidak etisnya bila ada istri yang begitu.

Maka sebab itulah, bagi para jomlo yang hendak mencari pasangan, carilah pasangan yang tidak suka membanding-bandingkan masa lalunya dengan Anda.

4# Wanita Boros
Imam Ghazali melarang bagi para jomlo memilih istri yang boros. Jangan pilih wanita boros bila hendak beristri, carilah wanita yang suka ngirit uang. Biarpun suaminya punya pekerjaan yang menghasilkan uang jutaan tapi istrinya tidak bisa mengelola uang pemberian suaminya maka tunggulah kehancuran rumah tangganya.

Suami itu bukan seperti mesin ATM yang sekali pencet keluar uang. Maka sebelum terlambat bagi para jomlo yang hendak mencari istri, carilah istri yang irit.

5# Wanita yang suka Bersolek Berlebihan dan Suka Ngurung Diri
Imam Al Ghazali menjelaskan bahwa ada dua makna al Barraqah. Pertama, ia adalah tipe wanita yang suka berhias sepanjang hari. Meskipun demi tampil menawan di hadapan suami, berhias sepanjang hari termasuk sikap berlebihan. Berlebihan dalam belanja kosmetik dan berlebihan dalam pemanfaatan waktu yang mengabaikan kewajiban-kewajiban lainnya. Apalagi jika niatnya bukan untuk suami.

Kedua, wanita yang tidak mau makan dan suka mengurung diri sendirian. Dengan kata lain, ia tipe penyedih. Bagaimana keluarga bisa sakinah mawaddah wa rahmah kalau sang istri suka berbuat demikian?

6# Wanita suka Ngomel Berlebihan
Imam Ghazali melarang para jomlo memilih istri yang suka ngomel berlebihan. Bila ada istri ngomel mungkin itu sudah biasa, tapi bila berlebihan maka itu yang harus ditampol mulutnya. Maka sebab itulah, bagi para jomlo, carilah wanita yang tidak suka ngomel atau nyinyir.

Karena bila Anda salah pilih, tentu hari-hari Anda tidak bakalan bahagia lantaran setiap pagi tidak dapat sarapan nasi. []