Doa dan Tatacara Shalat Tahajud Serta Fadilahnya

oleh -
Doa dan Tatacara Shalat Tahajud Serta Fadilahnya

SantriNow [] Shalat Tahajud merupakan jenis shalat sunnah yang sangat dianjurkan Rasulullah saw. Shalat Tahajud merupakan shalat sunah yang pahalanya begitu besar dan istimewa. Saking istimewanya Allah berfirman dalam Quran:

وَمِنَ اللَّيْلِ فَتَهَجَّدْ بِهِ نَافِلَةً لَكَ عَسَى أَنْ يَبْعَثَكَ رَبُّكَ مَقَامًا مَحْمُودًا

“Dan pada sebagian malam hari bertahajudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu; Mudah-mudahan Tuhanmu mengangkat kamu ke tempat yang terpuji.” (QS. Al Israa’: 79).

Siapa saja yang rutin shalat tahajud maka dia akan dimuliakan oleh Allah serta hidupnya akan terasa tenang dan tentram serta bahagia pada saat siang hari tiba. Sudah banyak orang yang mengamalkan shalat ini dan kenyataannya mereka benar-benar mendapatkan kehidupan yang lebih bahagia, lebih terasa istimewa dalam menjalani hari-harinya.
Tatacara Shalat Tahajud
Sebagaimana yang sudah beredar di buku-buku panduan bahwa sebelum shalat tahajud hendaknya Anda tidur dulu meskipun sebentar. Nanti ketika sudah memasuki sepertiga malam maka bangunlah dan ambil wuduk kemudian shalatlah dua rakaat paling sedikit dan banyaknya tidak ada batasnya. Cara nitanya adalah sebagai berikut:
اصلى سنة التهجد ركعتين مستقبل القبلة لله تعالى
“Saya niat shalat sunnah tahajud dua rakaat menghadap kiblat karena Allah taala”
Setelah itu sebagaimana biasanya yaitu baca doa iftitah, kemudian surat alfatihah disusul dengan surat pendek. Untuk surat pendek ini sebaiknya di rokaat awal baca ayat berikut:
وَمِنَ اللَّيْلِ فَتَهَجَّدْ بِهِ نَافِلَةً لَكَ عَسَى أَنْ يَبْعَثَكَ رَبُّكَ مَقَامًا مَحْمُودًا
setelah itu rukuk, sujud, duduk di antara dua sujud, sujud lagi kemudian berdiri lagi untuk rokaat yang kedua. Dan untuk rokaat kedua setelah fatihah sebaiknya baca ayat berikut:
وَقُل رَّبِّ أَدْخِلْنِي مُدْخَلَ صِدْقٍ وَأَخْرِجْنِي مُخْرَجَ صِدْقٍ وَاجْعَل لِّي مِن لَّدُنكَ سُلْطَانًا نَّصِيرًا
Terus kemudian rukuk, sujud, sebagaimana shalat yang pertama, kemudian duduk tawaruk atau duduk tasyahhud akhir kemudian baca doa tasyahud akhir sebagaimana biasanya kemdian salam.
Lakukan shalat tahajud secara rutin setiap malam, minimal 4 salam atau 8 rokaat dengan dua salam-dua salam, kemudian disempurnakan dengan 3 witir.
Doa Shalat Tahajud
اللَّهُمَّ لَكَ الْحَمْدُ، أَنْتَ نُورُ السَّمَأوَاتِ وَالأَرْضِ وَمَنْ فِيهِنَّ، وَلَكَ الْحَمْدُ، أَنْتَ قَيِّمُ السَّمَأوَاتِ وَالأَرْضِ وَمَنْ فِيهِنَّ، وَلَكَ الْحَمْدُ، أَنْتَ الْحَقُّ، وَوَعْدُكَ حَقٌّ، وَقَوْلُكَ حَقٌّ، وَلِقَاؤُكَ حَقٌّ، وَالْجَنَّةُ حَقٌّ، وَالنَّارُ حَقٌّ، وَالسَّاعَةُ حَقٌّ، وَالنَّبِيُّونَ حَقٌّ، وَمُحَمَّدٌ حَقٌّ، اللَّهُمَّ لَكَ أَسْلَمْتُ، وَعَلَيْكَ تَوَكَّلْتُ، وَبِكَ آمَنْتُ، وَإِلَيْكَ أَنَبْتُ، وَبِكَ خَاصَمْتُ، وَإِلَيْكَ حَاكَمْتُ، فَاغْفِرْ لِي مَا قَدَّمْتُ وَمَا أَخَّرْتُ، وَمَا أَسْرَرْتُ وَمَا أَعْلَنْتُ، أَنْتَ الْمُقَدِّمُ وَأَنْتَ الْمُؤَخِّرُ، لاَ إِلَهَ إِلاَّ أَنْتَ
Versi Indonesia
Allaahumma lakal hamdu anta nuurus samaawaati wal ardhi wa man fiihinna. Walakal hamdu anta qayyimus samaa waati wal ardhi wa man fiihinna. Wa lakal hamdu anta malikus samaa waati wal ardhi wa man fiihinna. Wa lakal hamdu antal haqqu, wa wa’dukal haqqu, wa liqaa’uka haqqun, wa qauluka haqqun, wal jannatu haqqun, wannaaru haqqun, wannabiyyuuna haqqun, wa muhammadun shallallaahu ‘alaihi wasallama haqqun wassaa’atu haqqun. Allaahumma laka aslamtu, wa bika aamantu, wa ‘alaika tawakkaltu, wa ilaika anabtu, wa bika khaashamtu, wa ilaika haakamtu, faghfirlii maa qaddamtu, wa maa akh-khartu, wa maa asrartu, wa maa a’lantu, wa maa anta a’lamu bihiminnii. Antal muqaddimu, wa antal mu’akhkhiru, laa ilaaha illaa anta, wa laa haula wa laa quwwata illaa billaah
 
Artinya: 
“Wahai Allah! Milik-Mu lah segala puji. Engkaulah cahaya langit dan bumi serta makhluk yang ada di dalamnya. Dan milik-Mu lah segala puji. Engkaulah penegak dan pengurus langit dan bumi serta makhluk yang ada di dalamnya. Milik-Mu lah segala puji. Engkaulah penguasa (raja) langit dan bumi serta makhluk yang ada di dalamnya. Milik-Mu lah segala puji. Milik-Mu lah segala puji. Engkaulah Yang Hak (benar),janji-Mu lah yang benar, pertemuan dengan-Mu adalah benar, perkataan-Mu benar, surga itu benar (ada), neraka itu benar (ada), para nabi itu benar, Nabi Muhammad saw itu benar, dan hari kiamat itu benar(ada). Wahai Allah! Hanya kepada-Mu lah aku berserah diri, hanya kepada-Mu lah aku beriman, hanya kepada-Mu lah aku bertawakkal hanya kepada-Mu lah aku kembali, hanya dehgan-Mu lah kuhadapi musuhku, dan hanya kepada-Mu lah aku berhukum. Oleh karena itu ampunilah segala dosaku, yang telah kulakukan dan yang (mungkin) akan kulakukan, yang kurahasiakan dan yang kulakukan secara terang-terangan, dan dosa-dosa lainnya yang Engkau lebih mengetahuinya daripada aku. Engkaulah Yang Maha Terdahulu dan Engkaulah Yang Maha Terakhir. tak ada Tuhan selain Engkau, dan tak ada daya upaya dan kekuatan kecuali dengan pertolongan Allah.”
 
Tambahan: Sebaiknya sebelum berdoa sudah kiranya Anda membaca fatihah khususkan kepada para arwah nenek moyang, kedua orang tua, para guru, dan segenap teman dan seterusnya. 
Jangan lupa untuk baca istigfar sebanyak-banyaknya atau minimal 100 x secara khusyuk. Baru setelah itu baca doa di atas.
Fadilah atau Faidah Shalat Tahajud
1. Dapat pahala yang melimpah dari Allah
2. Ciri-ciri orang yang hidupnya dicintai Allah 
3. Di siang harinya akan dapat kebahagiaan
4. Akan terhindar dari rasa galau
5. Menambah keimanan
6. Mempermudah segala urusan
7. Doanya Insya Allah maqbul atau diterima 
8. Hidupnya akan teratur
9. Banyak hal yang baik-baik terjadi tampa disangka-sangka
10. Kebiasaan para ulama pendulu kita
11. Terhindar dari beberapa penyakit terutama stres dsb.[as]