Ulama Wafat, Ilmu Diangkat

oleh -

SantriNow | Satu di antara tanda kiamat ialah dicabutnya ilmu.
Dan dicabutnya ilmu terjadi dengan diwafatkannya para ulama. Hadits dari ‘Abdullah bin ‘Amr bin al-‘Ash Rodhiyallohu anhuma, beliau berkata,

“Aku mendengar Rosululloh shollallohu ‘alayhi wa sallam bersabda:

إِنَّ اللهَ لاَ يَقْبِضُ الْعِلْمَ انْتِزَاعًا يَنْتَزِعُهُ مِنَ الْعِبَادِ، وَلَكِنْ يَقْبِضُ الْعِلْمَ بِقَبْضِ الْعُلَمَاءِ حَتَّـى إِذَا لَمْ يَبْقَ عَالِمًا اتَّخَذَ النَّاسُ رُءُوسًا جُهَّالاً فَسُئِلُوا، فَأَفْتَوْا بِغَيْرِ عِلْمٍ فَضَلُّوا وَأَضَلُّوا.

‘Sesungguhnya Alloh tidak mencabut ilmu sekaligus dari para hamba, akan tetapi Alloh mencabut ilmu dengan mewafatkan para ulama, sehingga ketika tidak tersisa lagi seorang alim, maka manusia akan menjadikan orang-orang bodoh sebagai pemimpin, lalu mereka ditanya, kemudian mereka akan memberikan fatwa tanpa ilmu, maka mereka sesat lagi menyesatkan orang lain.

Imam nawawi rohimahullah berkata,

“Hadits ini menjelaskan bahwa yang dimaksud dengan mencabut ilmu dalam hadits-hadits terdahulu yang mutlak bukan menghapusnya dari hati para penghafalnya, akan tetapi maknanya ialah pembawa ilmu meninggal, dan para manusia menjadikan orang-orang bodoh sebagai pemutus hukum yang memberikan hukuman dengan kebodohan mereka, sehingga mereka sesat dan menyesatkan.”

Semoga di sekitar kita masih bermunculan ahli ilmu yg menebar manfaat, semoga para ulama kita’ yg masih ada diberikan kesehatan dan panjang umur. Amin…

Senyum itu ibadah, marah itu mudah tapi sabar itu jauh lebih indah…/Mas’ad Azaya