Inilah 7 Langkah Mempersiapkan Diri Menuju Pernikahan

oleh -

SantriNow | Namun sebelum membaca 7 langkah ini, baca dulu ‘Sudah Siapkah Santri Menikah’

1. Kamu harus tahu siapa diri kamu sebenarnya. Sehingga kamu tahu cara membangun hubungan dengan pasanganmu, bahkan dengan lingkungan sekitar.

2. Menurut pakar psikologi William james, diri sendiri meliputi tubuh dan jiwa,pakaian dan rumah, pasangan dan anak-anak,nenek moyang dan teman-teman,bahkan reputasi dan kepemilikan. Dengan kata lain, seseorang mengenal dirinya berkaitan dengan fakta-fakta tentang dirinya dan lingkungannya.

3. Kamu harus sadar bahwa kamu mahluk individual, yakni jasad, dan ruh mu tidak bisa dibagi-bagi. Kamu adalah mahluk sosial, artinya kamu harus mampu berintraksi dengan pasanganmu dengan mesra. Dan kamu adalah mahluk yang berketuhanan, artinya sebisa mungkin cari pasangan yang seagama.

4. Kamu harus sadar bahwa kamu mahluk paradoksal, artinya kamu harus punya rasa kasih sayang yang tulus pada pasanganmu. Tapi jangan berlebihan. Dan sebisa mungkin meredam emosimu saat terjadi kemelut keluarga, biar tidak terjadi perceraian.

5. Seseorang bisa dikenali dengan kebutuhannya sebagai mana diungkapkan oleh Abraham H. Maslow dalam “Hierarchy of needs”,yakni meliputi  (1) kebutuhan dasar, (2)kebutuhan rasa aman, (3) kebutuhan social, (4) kebutuhan penghargaan,dan (5) kebutuhan realisasi diri.

6. Komunikasi sering kali menjadi masalah serius dalam kehidupan pernikahan karena masing-masing pihak berkomunikasi menurut caranya sendiri. Maka introspeksi diri tentang komunikasi dengan pasangan itu penting dilakukan.

7. Banyak orang yang tidak mengalami kemajuan dalam rumah tangga, pendidikan, atau karir. Penyebabnya tidak lain karena mereka tidak mengenal diri sendiri dengan baik.

Bagaimanapun,mengenal diri sendiri merupakan landasan untuk memetakan kemampuan diri. Pengenalan diri yang baik akan menghindarkan atau meminimalisasi pengaruh semua faktor yang merugikan. [as]